Header Ads


 

Pemerintah Kecamatan Sematang Borang Bangun Unit Koperasi Bangkitkan Perekonomian Warga Masyarakat


Palembang, Liputan Sumsel.Com- Untuk meningkatkan perekonomian di masyarakat Pemerintah Kecamatan Sematang Borang dalam waktu dekat akan mebentuk Koperasi Sematang Borang Jaya yang bertujuan sebagai peyaluran Bahan pokok maupun hasil pertanian bagi warga sekitar. 


Camat Sematang borang, Tris Septiawan yang diwakili oleh Sekretaris Camat (Sekcam) zaid Rahmadian mengungkapkan, bahwasanya untuk memberdayakan masyarakat khususnya di Wilayah sematang borang, maka akan dibentuk suatu badan Koperasi, yang termasuk binaan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang diberi  nama "Koperasi Sematang Borang Jaya". 


Lanjut Zaid, di wilayah Kecamatan Sematang borang sebagian besar mempunyai usaha pertanian dan perikanan yakni di daerah Sukamulya, Srimulya, dan karyamulia. 


"Untuk hasil pertanian yang besar yakni seperti laos yang setiap malam bisa menghasilkan sebanyak 1 Ton dalam bentuk mentah, ujarnya saat diwawancarai, Senin (18/01/2021). 


"Semoga kedepan dengan adanya badan Koperasi ini bisa menggerakkan roda perekonomian, bisa menjembatani penjual dan pembeli secara langsung dengan harga yang sesuai, tidak dibeli dengan harga yang murah dengan kualitas barang Jadi", jelasnya. 


Tidak hanya itu, Zaid menjelaskan, sebagai gebrakan dalam membangkitkan perekonomian warga di wilayah Kecamatan Sematang dalam waktu dekat pihak kecamatan akan membuat event HUT ke -13 Sematang Borang yakni "Sematang Borang berkicau", inshaAllah akan digelar tanggal 27 Februari 2021 mendatang.


"Jelas tujuan utama untuk membangkitkan UMKM, bekerjasama dengan PKK dikelurahan, selain kontes burung berkicau, akan membangun tenan- tenan makanan, hasil pertanian yang sudah diolah, hal ini supaya masyarakat bisa bergerak mendorong perekonomian, ungkapnya. 


Zaid menambahkan, dengan adanya Komunitas pecinta Burung kicau, bisa memberikan rekomendasi dari tempat lain bisa datang ke kecamatan Sematang borang dengan diawasi Protokol Kesehatan yang ketat. 


"Untuk peserta kicau burung akan berbayar, Tenan UMKM disediakan dari PKK , tidak dipungut biaya, semoga dengan adanya event ini menuju ekonomi bangkit di Kota Palembang Khususnya di Kecamatan Sematang Borang, tutupnya. (Ali)

No comments

Powered by Blogger.