Header Ads


 





Warga Temukan Senjata BREN Yang tTrkubur Didalam Tanah



Pali,liputansumsel.com--Bejo (58), Seorang warga Desa Karang Tanding Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menemukan senjata tua peninggalan zaman penjajahan dahulu.

Ia menemukan benda antik dengan berat 4 kg itu pada Senin pagi (26/1/2021), di kebun di belakang rumahnya, saat tengah menanam bibit karet.

Menurut Komandan Koramil 404-03/Talang Ubi, Kapten Erry Hastanto, pasca ditemukan, senjata yang diprediksi dipakai pada sekira tahun 1941-1950 itu, dilaporkan oleh Bejo pada Babinsa setempat, Serda Mulyadi.

"Oleh Babinsa, kemudian dilaporkan pada Kepala Desa Karang Tanding, lalu diserahkan pada Koramil 404-03/Talang Ubi," terang Dandarmil Kapten Erry Hastanto, Selasa (26/1/2021).

Rencananya, tambah Erry, senjata api laras panjang itu, nanti akan diserahkan ke Kodim 0404 Muara Enim Prabumulih PALI (MPP).

"Senjata itu saat ditemukan kondisinya sudah berkarat dan rusak. Nanti akan segera kita serahkan pada Kodim," pungkasnya.

berdasarkan penelusuran media ini di internet, senjata api yang ditemukan tersebut sangat identik dengan senjata berjenis Sten Gun atau populer disebut Bren.

Sten Gun merupakan senjata produksi Inggris pada tahun 1941. Indonesia pernah menggunakan sten gun jenis Mk I-IV.  Sten Gun mampu menembakkan peluru hingga 500 biji setiap menitnya. Kemampuan ini membuat Sten Gun banyak digunakan di berbagai perang termasuk di Indonesia.

Sten Gun merupakan sub-machine buatan asal Inggris yang mulai diproduksi pada tahun 1941 dan didesain oleh Major Reginald V. Shepherd dan Harold J. Turpin.

Sten gun didesain simple dan lumayan kasar. Harga dari Sten Gun ini termasuk murah dibanding dengan senjata perang lainnya. Pejuang Indonesia kala itu berhasil merampas sten gun dari tentara Inggris.[red/net]

No comments

Powered by Blogger.