Header Ads


 





Bursa Karier Kursus Dan Pelatihan OKU Akan Dibuka


Baturaja,liputansumsel.com - Forum Pengelola Lembaga Kursus Dan Pelatihan (PLKP) OKU berencana akan membuka Bursa Karier Kursus dan Pelatihan (Bukasuslat) di Kabupaten OKU. 


Hal tersebut disampaikan Ketua Forum PLKP OKU Basrahman, S.Ag. didampingi Sekretaris Forum PLKP OKU Tabrani kepada media ini di LKP Mekar Jaya pada Sabtu malam (6/2).


Basrahman memaparkan Bukasuslat bertujuan mengurangi pengangguran, tidak hanya memberikan mereka informasi pekerjaan. Tetapi tujuan yang lebih luas adalah mengatasi kesenjangan antara supply dan demand.

"Misalnya data kebutuhan tenaga kerja di Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dudi) sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi serta wilayah tertentu dalan menyediakan calon tenaga kerja terampil dan kebutuhan data penting yang dibutuhkan dalam mewujudkan target penyelarasan. Prinsip kelembagaan Bukasuslat harus independen, profesionap, mandiri, transparan dan akuntabel," paparnya.

 

Lebih lanjut Basrahman mengungkapkan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh Lembaga Penyelenggara Bukasuslat antara lain ; memiliki Akta Pendirian Lembaga, mempunyai Izin Operasional yang dikeluarkan oleh dinas/lembaga sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

" Setiap kabupaten atau kota hanya boleh mendirikan satu Bukasuslat, memiliki kepengurusan dan struktur organisasi, terdapat domisili sekretariat dengan fasilitas minimal yang memadai untuk pelaksanaan administrasi dan sistem informasi Bukasuslat. Pembentukan atau perizinan Bukasuslat diawali dengan legalitas tingkat pusat oleh organisasi mitra kursus dan pelatihan. Kemudian dilanjutkan dengan pembentukan Bukasuslat tingkat Kabupaten atau Kota yang mendapatkan izin dari dinas atau lembaga yang melayani perizinan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Struktur organisasi Bukasuslat sekurangnya terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, serta bidang yang menangani pendataan LKP dan Dudi, urusan kerjasama dan bidang lainnya sesuai kebutuhan. Sekretariat Bukasuslat melakukan update data melalui sistem informasi bukasuslat, secara periodik mengadakan Bursa Kesempatan Kerja minimal satu tahun sekali dan memfasilitasi informasi itu dengan LKP," ungkapnya.


Basrahman menambahkan pengelola Bukasuslat melakukan pendataan melalui Sistem Informasi Bukasuslat yang disiapkan oleh Direktorat Mitras Dudi. "Mekanisme pendataan dimulai dari pengumulan data sesuai dengan format yang telah ditentukan. Data yang dikumpulkan meliputi data LKP yaitu ; Profil LKP, peserta didik sampai dengan lulusan. Dan data Dudi yang meliputi profil Dudi, job title yang dibutuhkan sampai lowongan pekerjaan. Validasi data oleh Bukasuslat. Pemutakhiran data oleh Dudi dan LKP, penyajian data melalui sistem informasi serta medsos Bukasuslat. Pelaporan Bukasuslat dilakukan secara berjenjang dan berkala, setiap hari akhir bulan Juni dan Desember pada Bukasuslat Pusat. Dan dari Bukasuslat Pusat ke Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dudi. Sementara itu, pemantauan dan evaluasi dilakukan oleh berbagai pihak di antaranya ; Direktorat Mitras Dudi, Dirjen Vokasi Kemendikbud, Disdik Kabupaten atau Kota dan Bukasuslat Pusat," imbuhnya.


Dalam penjelasan terakhirnya, Basrahman mengatakan melalui Bukasuslat diharapkan tersedia data yang lengkap dan valid dari sisi supply dan demand sehingga keterserapan lulusan kursus dan pelatihan dapat meningkat.


Sekretaris Forum PLKP OKU Tabrani mengatakan Forum PLKP OKU telah menginisiasi Bukasuslat di OKU sesuai mandat dari pusat yang sejalan dengan Dirjen Vokasi Kemendikbud RI. 

"Bukasuslat ini akan bekerjasama dengan beberapa pihak terutam dengan Dudi atau Iduka. Inti Bukasuslat ini untuk memajukan LKP-LKP yang ada di OKU serta memberikan kesempatan atau peluaang kerja bagi alumni-alumninya," ujarnya.


Lebih lanjut Tabrani mengatakan dengan adanya Bukasuslat diharapkan para alumni LKP benar-benar dapat ternaungi dan terkoneksi dengan peluang kerja yang ada di Dudi atau Iduka. 


(Duan)

No comments

Powered by Blogger.