Header Ads


 





Jadi Penyintas Covid-19, Helmy Yahya Kupas Plasma Konvalesen


JAKARTA,liputansumsel.com - Kasus Covid-19 di Indonesia semakin meningkat jumlahnya. Pada Kamis (28/1/2021), kasus Covid-19 mencapai 1.037.993 kasus terkonfirmasi.


Raja Kuis Indonesia, Helmy Yahya sebagai public figure terpanggil secara moral untuk menyosialisasikan donor plasma konvalesen. Donor ini menjadi salah satu upaya penyembuhan pasien Covid-19. Secara medis, tingkat kesembuhan pasien Covid-19 yang menjalani terapi plasma konvalesen terbilang tinggi.

Helmy yang juga penyintas Covid-19 mengupas plasma konvalesen bersama Dr Khoirul Hadi di Instagram secara live, Kamis (28/1). Untuk pasien Covid-19 dengan gejala berat, terapi plasma konvalesen dapat menyembuhkan hingga 90 persen. Sedangkan untuk pasien yang kritis, tingkat kesembuhan dengan terapi plasma konalesen mencapai 50 persen.

Helmy menuturkan dinyatakan positif Covid-19 pada 4 Januari 2021 setelah dua kali melakukan tes antigen dan PCR. Ketika itu ia tidak menyangka akan terinfeksi virus Covid-19. Terlebih dirinya tidak merasakan gejala berat seperti sesak nafas atau anosmia. Gejala yang dirasakan hanya batuk ringan dan demam dengan suhu 37 derajat Celcius.

"Saya isolasi mandiri di rumah selama 10 hari dan di rumah sakit 10 hari bersama putri ketiga, Rachel," kata Helmy.  

Sesuai protokol Covid-19, usai dirinya dinyatakan positif Covid-19, Helmy segera melakukan tracking secara lengkap. Seluruh anggota yang mengikuti perjalanan bersama dirinya ikut diperiksa. Hasilnya semua aman.

Sebagai penyintas Covid-19, Helmy mengajak masyarakat mendukung program pemerintah dengan mematuhi protokol kesehatan yaitu 3M (menggunakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan). Ia juga meminta masyarakat tidak menganggap remeh covid-19.

Helmy menambahkan, ia sangat mendukung program vaksinasi Covid-19 dari pemerintah. Menurutnya, pemerintah sudah melakukan yang terbaik.

"Mari kita bantu," tuturnya.

Selain itu, Helmy mengimbau public figure lainnya menyosialisasikan donor plasma konvalesen bagi para penyintas melalui aplikasi AKDOKPLAK.COM. Plasma konvalesen dilakukan dengan cara mengambil darah dari penyintas covid yang memiliki antibodi yang sangat baik. Jika ditransferkan kepada yang didonorkan dapat menyembuhkan lebih cepat dan bisa membantu menyelamatkan banyak nyawa manusia.

Adik kandung Tantowi Yahya ini selalu ingin melakukan yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa Indonesia. Helmy tampil di acara seminar manjadi motivator bagi anak-anak muda yang membutuhkan bimbingan, inspirasi, dan motivasi. Saat ini Helmy sedang menyelesaikan bukunya yang berjudul "Breaking the Wall" dan membuat buku "Finding Business Soulmate", bagaimana memotivasi orang-orang yang ingin membuat perusahaan bahwa tidak mudah untuk mencari partner.

Public Figure yang juga motivator  ini juga dikenal telah berkontribusi dalam membangun TV digital yaitu R66 Media yang berisi konten-konten positif dan mengedukasi. Helmy Yahya juga fokus untuk merekrut orang-orang terbaik dan berkomitmen dengan Bong Chandra, Gita Wirjawan, Merry Riana, dan founder lain karena bisnis saat ini tidak bisa sendiri tetapi berkolaborasi.

No comments

Powered by Blogger.