9 Tahun Plasma tak kunjung dibangun, PT. Sriwijaya Palm Oil Nyaris di Demo Warga Desa Purwo Asri


OKI, Liputan SumSel.Com-Ratusan warga Purwo Asri Kecamatan Lempuing Jaya Kab OKI Provinsi SumSel nyaris lakukan Aksi Demo terhadap PT Sriwijaya Palm Oil Terkait janji PT tersebut untuk Membangun perkebunan Plasma, namun disayangkan sudah hampir 9 Tahun plasma Tak kunjung terlaksana membuat para warga Purwo Asri Geram.


Namun aksi tersebut sempat di redam dan di mediasi oleh pihak Pemerintahan  Kecamatan Lempuing Jaya dan dihadiri oleh unsur Pemerintah terkait Camat Lempuing Jaya, Kalpolsek, Dinas Pertanahan OKI, Dinas Perkebunan, Perternakan OKI, Dinas Perizinan, Pihak PT Sriwijaya Palm Oil dan perwakilan warga Purwo Asri, di Kantor Aula Kecamatan Lempuing Jaya Kamis,(04/03/21).


Menurut keterangan Camat Lempuing Jaya Hendra Anggara S,STP saat diwawancarai via telepon (6/03/21) mengatakan"mediasi Berjalan baik masing masing Pihak bisa dengan sabar dan berpikir Jernih, tuntutan warga   agar sertifikat tanah mereka oleh PT Sriwijaya Palm Oil segera di kembalikan dan Mengganti Rugi lahan mereka yang tidak ada hasil selama 9 tahun " Ujar Hendra.


Lanjut Hendra" Alasan pihak PT belum mewujudkan Plasma disebabkan karena adanya dibeberapa kendala diantaranya tanah warga kebanyakan gambut dan rawa, karena jenis tanah rawa maka saat ketika dibangun tanggul sering jebol dan bibit-bibit hanyut.


Warga Purwo Asri Kecamatan Lempuing Jaya yang berhubungan dengan PT Perkebunan tersebut terdiri dari 4 kelompok dengan Total Lahan kalau menurut Versi Peta seluas 421 hektar.


PT Sriwijaya Palm Oil Sudah terbuka dan akan segera memperhatikan tuntunan warga,namun terkait ganti rugi pihak PT mau bermusyawarah dulu secara management.


masih kata Hendra" Untuk masyarakat harap bersabar mudah mudahan kita mendapatkan jalan keluar yang baik, intinya perusahan akan bertanggung Jawab terhadap hal ini, seminggu lagi hasil musyawarah akan kita kirim dan adakan pertemuan lagi dengan pihak masyarakat tutup Hendra". (Povi)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.