Header Ads

Jalan Mulus, Warga Prabumulih Puji Herman Deru.

* Gubernur Resmikan Infrastruktur Kota Prabumulih


PRABUMULIH, Liputansumsel.com,- Sejumlah warga Talang Sako Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Prabumulih Timur kini mulai dapat tersenyum sumringah. Pasalnya jalan utama mereka yang dulunya bak kolam dan susah dilewati kini mulus berkat bantuan pembangunan infrastruktur yang dilakukan Gubernur Sumsel H.Herman Deru. 



Berbagai apresiasi dan ucapan terimakasih  pun mengalir dari sejumlah warga dan mereka sampaikan pada saat peresmian pembangunan infrastruktur APBD Tahun Anggaran 2019 dan Tahun Anggaran 2020 di Desa Talang Sako, Senin (29/03/2021). 



Seperti dituturkan Susiawati, 44 warga Prabumulih Timur, selama ini jalan di Talang Sako kerap berubah seperti kolam dan berlumpur saat hujan datang. Akibatnya warga kesulitan melewatinya baik menggunakan sepeda maupun motor. Bahkan tak jarang, rusaknya kondisi jalan dimanfaatkan sebagaian orang tak bertanggungjawab melakukan kejahatan seperti perampokan dan begal. 



"Bukan main senangnya kami. Sekarang mau pakai sepeda, pakai motor lancar. Kalau ada keperluan keluar malam juga tidak khawatir lagi. Kami ingin pembangunan seperti ini diteruskan di Prabumulih," jelasnya bersemangat. 



Demikian dikatakan warga lainnya, Harfa Nurhayatim Ia berharap pembangunan infrastruktur jalan yang menjadi fokus Gubernur Herman Deru di desanya terus dilanjutkan agar masyarakat semakin mudah beraktivitas. 



"Dulu kalau hujan ojek tidak mau kesini. Jalannya rusak parah seperti kolam. Sekarang Alhamdulillah senang lihatnya seperti ini," ujar Harfa. 



Sementara itu Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengatakan sejak ia memimpin Sumsel, pembangunan infrastruktur meliputi, jalan, jembatan, irigasi, gedung sekolah, gedung kesehatan hingga internet desa menjadi prioritasnya. 



Bukan hanya untuk membuka akses perekonomian warga dan konektivitas antar kab/kota se Sumsel, pemerataan pembangunan infrastruktur ini memang terus mendapat perhatiannya guna mempercepat terwujudnya cita-cita mulia menjadikan Sumsel Maju untuk Semua. 



"Dari awal kita tahu persoalan di Prabumulih ini beda dengan kab/kota lainnya di Sumsel. Prabumulih adalah kota transit ekspatriat. Sehingga standar kebutuhan masyarakatnya terlanjur tinggi terlanjut tinggi. Nah ini harus diimbangi dengan infrastruktur yang baik," jelas HD. 




Mengingat gasnya yang berlimpah, kedepan HD berkomitmen mendorong percepatan penyediaan layanan air bersih bagi warga, termasuk juga lalu lintas dan fasilitas kota seperti pedestrian. 



"Sekarang inikan semua direfocusing, jadi kepala daerahnya harus benar-benar piawai mengelola APBD yang berkurang drastis dari Rp1,2 triliun menjadi Rp800 an miliar. Tapi yakinla Pemprov tidak akan tinggal diam. Sekarang sedang kami kaji apa saja prioritas kota ini," jelas HD. 



Adapun pembangunan infrastruktur di Kota Prabumulih melalui APBD Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2019 dan Tahun 2020 yang dialokasikan melalui anggaran belanja Organisasi Perangkat Daerah berdasarkan kewenangan provinsi dan Belanja Bantuan Keuangan Bersifat Khusus kepada Pemerintah Kota Prabumulih berjumlah total tahun 2019 sebesar Rp 86.754.993.000 , dan total tahun 2020 sebesar Rp. 24.130.000.000. 



Adapun pemanfaatan anggaran tersebut adalah dalam rangka mendukung percepatan pembangunan di Kota Prabumulih dalam upaya pengentasan kemiskinan, peningkatan pelayanan masyarakat dan untuk mendukung pembangunan daerah serta meningkatkan pengelolaan potensi daerah. Di antaranya meningkatkan konektivitas antar kecamatan di Kota Prabumulih melalui perbaikan jalan dan jembatan.Meningkatkan aksesibilas masyarakat menuju pusat perkantoran Pemerintah Kota Prabumulih dengan pembangunan jalan Pangkul, Meningkatkan aksesibilitas masyarakat di Perum Bifala Jalan Padurasan RT.11 RW. 1 Kel. Gunung Ibul Prabumulih Timur,  memberikan keyamanan pejalan kaki dengan perbaikan trotoar Sudirman, dan meningkatkan pelayanan melalui perbaikan jalan Sudirman di Prabumulih no Timur dan Prabumulih Utara. Meningkatkan pelayanan air minum melalui pembangunan jaringan perpipaan SPAM IKK Kota Prabumulih.

(Ar/Ril)

No comments

Powered by Blogger.