Wawako Ajak Masyarat Belanja Bijak


Palembang, Liputan Sumsel.Com - Meningkatnya aktivitas belanja di pasar tradisional selama bulan puasa, baik di pasar tradisional maupun modern, membuat lonjakan harga beberapa item kebutuhan bahan pokok. 


Mengantisipasi adanya penimbunan atau daya beli masyarakat yang berlebihan, Pemerintah Kota Palembang mengimbau agar masyarakat untuk tetap tenang dan tidak melakukan penimbunan barang.


"Kita meminta masyarakat jangan khawatir. Karena kestabilan harga, pangan di Kota Palembang harus dijaga. Dinas Perdagangan setiap hari mengecek harga ke pasar, sembako dan kebutuhan pokok lainnya," kata Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, Selasa (13/4/2021). 


Dan sampai sekarang, kata dia tidak ada laporan ada kenaikan harga yang signifikan.


 "Ada beberapa item yang naik tidak semuanya seperti ayam potong, cabai itu naik, tapi yang lain tidak," ujar Fitrianti. 


Ia mengajak masyarakat untuk belanja bijak. Yakni dengan membeli sembako sesuai kebutuhan. Tidak panic buying (membeli sembako dalam jumlah besar), maupun menimbun barang. 


"Kami memastikan bersama Bulog semua kebutuhan bahan pokok aman sampai akhir tahun depan," kata Fitrianti. 


Selain itu, ia juga meminta masyarakat memanfaatkan fasilitas belanja online yang diakomodir oleh pasar atau pihak lainnya.


"Banyak fasilitas belanja online yang ada. Mari masyarakat manfaatkan ini. Agar tidak harus datang langsung secara fisik ke pasar, menghindari kerumunan," kata Fitrianti. 


Ia menambahkan, pemkot juga terus mengawasi aktivitas di pasar agar tetap menerapkan protokol kesehatan selama pandemi. (Rl/Al)

No comments

Powered by Blogger.