Longsor, terjang Kenagarian Limau Gadang Nagari Bayang Utara. 1 rumah rusak.

 


Padang ,Painan, Liputansumsel.com  -- Pasca hujan deraa yang melanda disebagian wilayah dikabupaten Pesisir Selatan, Sabtu (8/5/2021) pukul 16.00 wib yang lalu, menyebabkan longsor di kenagarian Bayang Utara, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan. 



Tiga titik longsor terjadi ditiga titik, pertama di Kampung Limau – Limau, Kenagarian Limau Gadang, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, ada Dua titik Longsor, Satu titik menimbun Badan Jalan Panjang diperkirakan 25 Meter, Satu titik menimbun Badan Jalan panjang diperkirakan 10 Meter.



kedua,  Kampung Ngalau Gadang, Kenagarian Limau Gadang ada Satu titik, Panjang Badan Jalan yang tertimbun diperkirakan 12 Meter.  Dan, ke tiga titik Lokasi Lonsor tersebut sampai saat ini, belum bisa dilalui Kenderaan R2 dan R4.



Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.iK, MM melalui Kapolsek Bayang Iptu. M. Thamrin, SH,M.M pada Liputansumsel.com, Senin (10/5/2021) mengatakan, bahwa longsor terjadi di 


kenagarian Bayang Utara, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, disebabkan curah hujan cukup tinggi didaerah tersebut. 



" Tanah dari atas bukit ada dilokasi tersebut longsor. Ada tiga titik parah akibat longsoran tanah, hingga menutupi badan jalan," tegas Kapolsek Bayang itu.



Bersama pihak kecamatan, walinagari Ngalau Gadang dan Polsek Bayang, Thamrin turun kelokasi longsor. Dan melakukan koordinasi dengan dinas pekerjaan umum ( PU) Kabupaten Pessel untuk mendatangkan alat berat exkapator karena tanah yang Lonsor tersebut tidak bisa dikerjakan secara manual, harus menggunakan Alat Berat.



" Pukul 14.00 wib, Alat Berat ( Exkapator) sudah menuju Lokasi Longsor, dari Kantor PU Kabupaten Pessel," kata Kapolsek Bayang didampingi Walinagari Ngalu Gadang Yuharza.



Selain menutupi badan jalan, longsor juga menimpah satu buah rumah milik warga setempat An. Siin (40) warga kampung Ngalau Gadang, Kenagarian Limau Gadang, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, mengalami rusak bagian dinding belakang. " tidak korban jiwa, kerusakan rumah diperkirakan Rp. 7 juta rupiah,". 



Kapolsek Bayang  berpesan agar wali nagari intens komunikasi dengan instansi lain terkait apa saja kejadian yang menonjol dinagarinya dan selalu menghimbau masyarakatnya patuhi prokes jangan kendor tetap pakai masker dan tidak mebakar hutan dan melindungi hutan, dengan kita ikut melindungi pasti hutan akan memberikan kebaikan bagi kita semua terutama masyarakat disekitar hutan.



Sementara itu Wakil Bupati Pesisir Selatan Rudi Hariyansyah dihubungi Liputansumsel, sabtu (9/5/2021), pemkab Pessel telah mengarahkan dinas terkait, seperti Badan Penangulangan Bencana Daerah ( BPBD) menurunkan anggota kelapangan. Dan Dinas Pekerjaan Umum mengirimkan alat berat kelokasi untuk membantu warga membersihkan material longsoran tanah,"tutupnya.(EL).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.