Pengukuhan Karang Taruna Sumsel Berlangsung Khidmat dan Sukses


PALEMBANG ,liputansumsel.com- Pengukuhan 137 pengurus Karang Taruna (KT) Sumatera Selatan (Sumsel) masa bakti 2020-2025 berlangsung khidmat dan sukses. Pengukuhan Ketua KT Sumsel Yudha Novanza Utama beserta 136 Pengurus lainnya dilakukan langsung oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru di Griya Agung, Palembang, Sabtu (29-05-2021), disaksikan oleh Ketua Umum Pengurus  Karang Taruna Nasional (PNKT), Didik Mukrianto.


Ketua Pelaksana, Andie Dinialdie mengatakan, pengukuhan Ketua Karang Taruna Sumsel, Yudha Novanza Utama bersama 136 pengurus lainnya dilaksanakan di Griya Agung, Palembang, dihadiri para Bupati/Walikota, Ketua Karang Taruna Kabupaten/Kota se-Sumsel, para mantan Ketua Karang Taruna Sumsel, dan stakeholder. Pelaksanaan sangat memperhatikan protokol kesehatan (Prokes), dilakukan secara offline dan online. "Alhamdulillah, semua rangkaian acara berjalan dengan baik dan sukses," ujar Andie.


Ketua KT Sumsel, Yudha Novanza Utama mengatakan, meminta dukungan dan support dari Pemerintah Daerah dan semua stakeholder Karang Taruna. Terlebih, karena Karang Taruna merupakan organisasi mitra strategis pemerintah. "Terima kasih kami telah dikukuhkan. Kami mohon arahan untuk menjalankan tugas organisasi sosial kemasyarakatan Karang Taruna Sumsel ini dari tingkat Provinsi hingga Kabupaten/Kota, bahkan hingga ke tingkat Desa/Kelurahan RT. Kami juga akan berkoordinasi dan bekerjsama dengan semua stakeholder, baik Pemerintah Daerah (Pemda), BUMN, BUMD, Kepolisian, TNI, maupun lintas instansi pemerintah," ujar Yudha, didampingi Sekretaris KT Sumsel Endang Larasati dan Bendahara Teddy Meilwansyah. 


Menurut Yudha, salah satu program Karang Taruna ialah harmonisasi dan sinkronisasi program pemerintah dengan lintas sektor Pemerintah Daerah, Provinsi, Kabupaten/Kota, TNI, Polri, Perguruan Tinggi, dan badan-badan lainnya. "Kita akan lakukan singkronisasi dan harmonisasi, termasuk pengkaderan. Pada intinya ini semua akan dilakukan untuk Karang Taruna Sumsel," kata Yudha.


Selain itu, Yudha mengatakan, akan dilakukan penguatan struktur dan infrastruktur organisasi KT. "Keanggotaan KT Sumsel terdiri dari lintas profesi seperti  pengusaha, akademisi, politisi, dokter, pengacara. Semua berkolaborasi," imbuhnya.


Untuk itu, Yudha berharap agar seluruh anggota dan pengurus KT Sumsel dapat aktif dalam organisasi Karang Taruna. "Saya minta anggota dan pengurus dapat menunjukkan eksistensi dan kontribusinya," pinta Yudha.


Ketua Umum PNKT, Didik Mukrianto, dalam sambutannya mengatakan bahwa Karang Taruna dalam usia 61 tahun telah banyak berkontribusi untuk bangsa dan negara, tapi agar sukses harus bersinergi dengan pemerintah dan semua pihak. "Saya contohkan, dalam pengentasan masalah  sosial butuh kebersamaan dan butuh keterpaduan antara Karang Taruna dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah," ujar Didik, yang juga Anggota DPR RI tersebut. 


Gubernur Sumsel H. Herman Deru menyambut baik dan mengucapkan selamat kepada Karang Taruna Sumsel. "Saya berhadap Karang Taruna Sumsel terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah, apalagi saya lihat pengurus Karang Taruna ini benar-benar kolaborasi para tokoh muda. Selamat, silakan berkontribusi untuk bangsa dan negara, khususnya di Provinsi Sumatera Selatan," kata Deru. 


Pengurus Karang Taruna Sumsel yang dikukuhkan ialah Ketua MPKT Sumsel Hj. Eva Susanti, Wakil H. Robby Kurniawan, Sekretaris H Yusnin, beserta anggota Hidayat Comsu, Surip Januarto, Amrullah, Hariyadi Karim, Azwar Agus, Roni Utama, Lindawati Syarofi, Hendri Roberto, Jimmy David Lumban Goal, Densyah RS. 


Ketua KT Sumsel Yudha Novanza Utama, Wakil Ketua Devi Harianto, Mauliddini, Andries Lionardo, Feri Antoni, Iwan Hermawan, Chandra Wijaya, Roudhatul Jannah, M. Fariz, M. Iqbal Alisyahbana, Hilmin, Hj. Mega Nugraha, Rudi Pangaribuan, Marisatul Zohro. Sekretaris Endang Larassati Lelasari, Wakil Sekretaris Kms. Umar Jayanegara, Sri Sutandi, Ega Puza Satria, Eka Syahrudin, dr. Hafsha Rizki Yuliani, Syukri Alkap, Azhari Harris, Nofan Arjunius, Arya Aditya. Bendahara Teddy Meilwansyah, wakil bendahara M. Alky Ardiansyah, Ahmad Toyibir, Rachmat Firdaus, MK Naufal Abdurrahman, Rahmad Sahid, Aryuda PK, Heri Martadinata, Rano Fahlesi, M. Izhar, Fahrie Adianto. Direktur Eksekutif M. Fuad Puluco, Wakil Mega Oktariani, Hendry Septiawan, A. Andrea Tabrani.


Kepala Biro dan anggota, Ketua Biro Organisasi Ahmad Kadafi, Ketua Biro Pengembangan SDM Rayan Noerdinsa, Ketua Biro Ekonomi UMKM Arie Wijaya, Ketua Biro Hukum Rahmad Hartoyo, Ketua Biro Kebijakan Publik Edi Ariansyah, Ketua Biro Pengembangan Komunikasi dan Informasi Agus Srimudin, Ketua Biro Pengembangan Usaha Leopard Ardiansyah, Ketua Biro Humas Novas Riady, Ketua Biro Pemberdayaan Perempuan dan Kesehatan dr. Isa Dwiyono, Ketua Biro Pengembangan Olahraga dan Seni Budaya Alexander, Ketua Biro LH dan Pariwisata Jufriansyah, Ketua Biro Kerohanian dan Pembinaan Mental Fansyuri. 


Koordinator Wilayah I Andi Dinialdie, Beni Defitson, Koordinator Wilayah II Almeidy Sastra, M. Febriansyah, Koordinator Wilayah III Zulchaidir Subagio. 


Untuk diketahui, PNKT Ketua Umum Didik Mukrianto, Sekjen Deden Sirajuddin, Wakil Ketua Wahyu Sanjaya, Bendum PNKT Robby Kurniawan, Ketua Umum MPKT Gibran Rakabuming Raka.


Dalam rangka pengukuhan Karang Taruna Sumsel ini, hadir ke Palembang untuk menyaksikan pengukuhan dan arahan ialah Ketum PNKT Didik Mukrianto, Sekjen PNKT Deden Sirajuddin, Wakil Ketua Wahyu Sanjaya, Bendum PNKT Robby Kurniawan, dan Ketua MPKT Sumsel Hj. Eva Susanti. Hadir pula para tamu undangan dari FKPD Sumsel, pimpinan organisasi kemasyarakatan, media, ketua BEM, dan OPD di Sumsel.


Acara berlangsung khidmat dan sukses. Pelaksanaan pun dilakukan dengan memperhatikan Prokes ketat, mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, hand sanitizer, cuci tangan, disiapkan masker gratis, hingga disiapkan rapid test. Tempat duduk juga diberi jarak sekitar 1 (satu) meter. Peringatan Prokes selalu disosialisasikan dan dipublikasikan oleh panitia, dan sudah berkoordinasi dengan Polda Sumsel, Satgas, tim Dokter, BPBD, Dinas Kominfo, Dinas Sosial, Humas Protokol Pemprov, Bagian Umum, Griya Agung, jajaran Pemprov Sumsel, serta para pihak terkait. Suasana berlangsung tidak terlalu lama namun sangat bermakna. Sempat pula ditayangkan video ucapan selamat dari Ketua Umum MPKT Gibran Rakabuming Raka. 


Suasana di luar Griya Agung hingga ke tepi jalan raya Jl. Demang Lebar Daun Palembang pun diramaikan oleh ucapan selamat dengan Karangan Bunga dari para Bupati/Walikota, Karang Taruna se-Sumsel, Dinas/Badan/OPD, serta Instansi dan pada tokoh masyarakat. Begitu pula di media mainstream dan media sosial, ramai "berselancar" memberikan ucapan selamat atas Pengukuhan Pengurus Karang Taruna Provinsi Sumatera Selatan masa bakti 2020-2025. Selamat dan Sukses..! (asm/hil/nr/mar/bbs)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.