PLT lurah Selincah Harapkan RT Terpilih Dapat Meberikan Pelayanan dan Informasi yang Cepat Dari Pemerintah


Palembang, Liputan Sumsel.Com - Semangat warga kelurahan Sungai Selincah Rt 047 Rw 007 Kecamatan Kalidoni sukseskan pemilihan ketua RT baru dengan memenangkan Budiman sebagai ketua baru dengan masa bakti 2021-2025. meskipun diguyur hujan warga yang berjumlah 164 Kepala Keluarga (KK) tetap hadir serta memberikan suaranya untuk kemajuan serta perubahan RT mereka.


Dalam pelaksanaan tersebut Pelaksana Tugas (PLT) lurah Selincah, Rusdi hadir ditengah masyarakat dalam guna menyaksikan secara langsung proses pemilihan Rukun Terangga tersebut (RT).


PLT lurah Selincah Rusdi membenarkan jika pelaksanaan pemilihan ini sudah berdasarkan peraturan daerah (Perda) logo

 Perda No. 8 Tahun 2007 tentang Pembentukan Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) sudah tidak sesuai dengan perkembangan masyarakat, maka perlu diubah dengan menetapkan Perda baru.


Pasal 18 ayat (6) UUD NRI Tahun 1945; UU No. 28 Tahun 1959; UU No. 23 Tahun 2014 sebagaimana telah diubah beberapa kali, terakhir dengan UU No. 9 Tahun 2015; PP No. 73 Tahun 2005; Permendagri No. 5 Tahun 2007; Perda No. 8 Tahun 2007.


Dalam Peraturan Daerah ini diatur tentang pembentukan rukun tentangga (RT) dan rukun warga (RW) dengan dengan menetapkan batasan istilah yang digunakan dalam pengaturannya. Diatur tentang perubahan pasal yang mengatur mengenai setiap RT terdiri dari paling rendah 100 KK dan paling tinggi 200 KK dan/atau disesuaikan denggan kebutuhan masyarakat setempat dalam cakupan wilayah tertentu, setiap RW terdiri dari paling rendah 10 RT dan paling tinggi 20 RT, tugas RT, syarat-syarat warga yang dapat dipilih menjadi pengurus RT dan RW, hak dan kewajiban pengurus RT dan RW, pemberhentian, penghargaan.


"Mudah-mudahan dengan adanya ketua Rt yang baru masyarakat setempat bisa mendapatkan sistem pelayanan dan informasi yang cepat dari Pemerintah daerah. Tentunya sinerji RT dan lurah serta kecamatan harus memiliki ikatan yang baik dalam melayani warganya," jelasnya sabtu malam (29/5) saat menyaksikan pemilihan RT di masjid masjid Ad. Dinul haqqi sungai putat.


Ditempat yang sama ketua RT terpilih masa bakti 2021-2025 Budiman menambahkan jika dirinya akan terus berkoordinasi dengan lurah dan camat setempat guna mendapatkan informasi yang akan disampaikan kepada warga. Selain itu juga ia mengharapakan dukungan masyarakat dalam menjalankan program Pemerintah Kota Palembang dengan menjalankan hidup sehat dengan 3 M (menjaga jarak, mencuci tangan dan mengenakan masker) tentunya menjalankan Protokol Kesehata  demi memutus mata rantai covid 19.


"Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan kepercayaan kepada saya dalam menjalankan tugas ini lima tahun kedepan," tutupnya.(Rl/Al)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.