Sukses Kelola Keuangan, Sumsel Raih Opini WTP Tujuh Kali Berturut-Turut


PALEMBANG, Liputansumsel.com, -  Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kembali  diganjar penghargaan berupa Opini    Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)   dari   Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas  hasil  laporan keuangan Provinsi Sumatera Selatan  yang akuntabel dan transparan Tahun Anggaran 2020.  Opini WTP kali ini merupakan  yang ke tujuh kalinya   secara berturut-turut didapat  oleh Pemprov Sumsel. 


Hal itu  ditandai dengan  diserahkannya  hasil pemeriksaan oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK)  RI Perwakilan Sumsel pada  rapat istimewa DPRD Sumsel dengan agenda penyerahan laporan hasil pemeriksaan (LHP) atau laporan hasil pemeriksaan keuangan Pemerintah Provinsi Sumsel TA 2020 di ruang rapat Paripurna DPRD Sumsel, Rabu (19/5/21). 


Wakil Ketua BPK RI, Agus Joko Pramono mengatakan, pemeriksaan keuangan bertujuan memberikan opini tentang kewajaran informasi laporan keuangan sesuai standar pemerintah, serta kepatuhan undang-undang.  


“.Terkait laporan keuangan Provinsi Sumsel TA 2020, Pemprov Sumsel mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Ini menjadi capaian tertinggi yang diberikan BPK,” ucapnya. 


Pihaknya juga memberikan ucapan selamat kepada Provinsi Sumsel atas capaian yang telah didapat tersebut. Pihaknya  terus berupaya meningkatkan peran BPK agar hasil audit bisa bermanfaat bagi pemerintah daerah dan masyarakat. 


Sementara itu Gubernur Sumsel Herman Deru mengucapkan terimakasihnya pada  tim auditor BPK atas kerja yang telah dilakukan dalam melakukan pemeriksaan laporan keuangan pemerintah Provinsi Sumsel TA 2020. 


“Opini WTP ini diharapkan bisa memotivasi kita agar dapat  bekerja lebih baik, demi mewujudkan tata kelola keuangan  akuntabel dan tranparan,” ujarnya. 


Herman Deru mengaku, prestasi yang telah diraih tersebut  patut untuk disyukuri, dan tidak menjadikan serta menimbulkan perasaan jumawa.


“Opini WTP ini  harus dapat kita jadikan sebagai  penyemangat  dalam melaksanakan tugas agar lebih baik lagi ke depannya,” imbuhnya. 


Dilain pihak  Ketua DPRD Sumsel, RA Anita Noeringhati  saat memimpin sidang pripurna juga memberikan ucapan selamat  pada jajaran Pemprov Sumsel  atas capaian prestasi yang telah diraih.  Menurut Anita , proses pemeriksaan keuangan bertujuan untuk menilai kebenaran dalam mendukung good government. 


“Kita ucapakan selamat kepada Provinsi Sumsel. Semoga pemerintah provinsi bisa mempertahankan opini WTP ini dimasa mendatang,” harapnya.***

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.