Sukseskan TMMD Ke-111, Babinsa Koramil 1207-05/Sungai Raya Lakukan Patroli Cegah Karhutla


Kubu Raya -liputansumsel.com-- Upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dalam rangka mensukseskan pelaksanaan TMMD ke-111 TA. 2021 Kodim 1207/Pontianak, Babinsa bersama Bhabinkamtibmas dan Manggala Agni serta Masyarakat Peduli Api (MPA) terus melaksanakan patroli guna mencegah karhutla di wilayah teritorial Koramil 1207-05/Sungai Raya Kodim 1207/Pontianak, sambil gencarkan melaksanakan sosialisasi maupun edukasi kepada masyarakat tentang dampak bahaya karhutla, Kamis (17/06/2021).
Seperti halnya yang dilaksanakan oleh personil Babinsa Desa Limbung bersama Bhabinkamtibmas, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA) melaksanakan patroli kelahan-lahan yang rawan terjadi kebakaran di Desa Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.
Babinsa Limbung Sertu Sardi disela-sela kegiatan patroli terpadu (Padu) cegah karhutla menyampaikan bahwa patroli pemantauan terhadap gejala dan sumber terjadinya kebakaran merupakan upaya penanganan kebakaran secara dini dan terbukti dapat meminimalisir terjadinya bencana karhutla.
“Kegiatan patroli merupakan pencegahan dan penanganan secara dini terhadap bencana karhutla, yaitu dengan melakukan pengecekan di tempat-tempat yang berpotensi terjadinya kebakaran dan memastikan lumbung persediaan air serta sekat kanal dalam keadaan baik dan aman” tuturnya.
Selain melakukan patroli pemantauan dan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya karhutla, juga disampaikan informasi tentang pelaksanaan TMMD ke-111, karena hal ini penting dilakukan agar karhutla tidak terjadi pada saat pelaksanaan TMMD yang dapat menimbulkan efek negatif kepada masyarakat.
“Untuk itu masyarakat diminta agar tidak melakukan pembakaran secara sembarangan, baik itu sampah pekarangan di sekitar rumah maupun cara membuka lahan perkebunan dengan membakar” ucap Babinsa lagi.
“Dengan adanya patroli karhutla ini diharapkan masyarakat mengerti tentang pentingnya mencegah karhutla dan agar masyarakat sadar bahwa cara membuka lahan dengan membakar sangatlah membahayakan” lanjutnya.
“Kita berharap dengan dilaksanakannya patroli gabungan secara terpadu ini dapat meminimalisir dan menekan seminimal mungkin kejadian karhutla dan mensinergikan upaya kita dalam pencegahan karhutla, dan juga demi suksesnya kegiatan TMMD” harapnya.
“Selanjutnya, kita secara terus menerus akan melaksanakan kegiatan antisipasi karhutla melalui patroli guna memantau titik-titik api, edukasi, sosialisasi dan memberikan himbauan kepada warga agar jangan membakar hutan maupun lahan apa lagi selama pelaksanaan TMMD ke-111 ini nantinya” pungkas Sertu Sardi Babinsa Desa Limbung.
(Pendim 1207/Pontianak)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.