80 Persen Kasus Positif Covid di Palembang Tidak Bergejala


Palembang, Liputan Sumsel. Com - Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Fauziah Mkes, mengatakan, saat ini dari sekitar 4.000an kasus positif Covid-19 di Palembang, dengan 80 persennya tidak mengalami gejala (OTG).


“Karena itu, dari 4.000 kasus positif, sekitar 3.000 orang isolasi mandiri (isoman). Kebanyakan memang tidak bergejala,” kata Fauziah, Kamis (29/7/2021). 


Sementara itu, juru bicara Dinas Kesehatan Kota Palembang, Yudhi Setiawan, mengatakan, penambahan kasus positif Covid-19 di Kota Palembang memang masih tinggi. Bahkan, kemarin mencapai 700 kasus positif sehari.


“Tren penambahan kasus positif ini memang terjadi di beberapa kota di Indonesia. Di Palembang penambahan kasus positif Covid dalam beberapa minggu terakhir sangat tinggi sejak pandemi masuk Kota Palembang Maret 2020,” ujar Yudhi. 


Dia menambahkan, warga Palembang harus terus waspada.


"Karena biasanya penambahan rata rata hanya 100 kasus per hari. Tapi sekarang lebih dari 500 kasus."


Selain itu, lanjut Yudi, untuk rumah sakit di Palembang saat ini juga sudah banyak yang penuh. 


"Dari 1.106 kapasitas bed di rumah sakit, sudah 1.005 bed yang terisi.Artinya sudah 90 persen kapasitas bed di rumah sakit terisi."


Yudi mengatakan, peningkatan kasus ini mungkin disebabkan oleh adanya virus covid varian delta yang memang sangat cepat menular. 


"Paling rentan memang klaster perkantoran. Karena berada di ruang tertutup." 


Yudhi mengimbau masyarakat Palembang untuk tetap patuh dan disiplin protokol kesehatan.


"Jangan lupa memakai masker, cuci tangan, jauhi kerumunan, kurangi mobilitas di luar rumah," ujar Yudhi. (Rl/Al)

No comments

Powered by Blogger.