Global Qurban ACT Palembang, Layarkan Kapal antar Daging Qurban ke Tepian Musi


Palembang, Liputan Sumsel.Com - Idul Adha menjadi salah satu momen bahagia untuk seluruh ummat muslim di penjuru dunia. Walau ditengah situasi pandemi covid yang belum jua berakhir, antuasiasme masyarakat untuk menunaikan ibadah kurban pun tetap luarbiasa.


Tercatat sebanyak 21.676 hewan kurban ditunaikan dan 12.568 jiwa telah menunaikan qurban melalui Global Qurban. Distribusi Qurban pun dilakukan serentak mulai dari hari pertama Idul Adha, dan hingga hari ini pun masih terus berlanjut, tak terkecuali di wilayah Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.


Global Qurban Aksi Cepat Tanggap (ACT) Palembang turut hadir menyapa para warga di Pulokerto, Gandus, Palembang, Sumsel. Pulau yang berada di antara aliran sungai musi ini memiliki luas lebih dari 500 hektar, dengan jumlah penduduk sebanyak 362 jiwa atau 92 kk.


Berdasarkan informasi dari warga, tahun lalu dan tahun ini tak ada satupun penyembelihan hewan qurban di Pulokerto. Global Qurban ACT Sumsel pun menjadi satu-satunya penyalur amanah qurban untuk para warga di pulau ini. Sebanyak 4 ekor sapi atau setara dengan 600 daging qurban di distribusikan kepada para warga pulokerto.


"Alhamdulillah tahun ini biso dapet daging kurban, terimokasih untuk ACT dan Global Qurban ACT sudah dateng jauh-jauh kesini, semoga setiap kebaikannyo dibales Allah," ujar pak Agus.


Mayoritas warga Pulokerto berprofesi sebagai petani, buruh harian hingga nelayan. Penghasilan sehari-hari yang tak tentu, ditambah kondisi pandemi yang kian hari tak kunjung usai, membuat warga kesulitan memenuhi kebutuhan ekonomi. Hadirnya daging qurban dari Global Qurban ACT Sumsel, menjadi salah satu keberkahan bagi para warga di Pulau ini.


"Pulokerto menjadi salah satu wilayah distribusi qurban di tahun ini, karena kami ingin nikmatnya daging qurban itu tak hanya dirasakan warga prasejahtera di perkotaan, namun juga dapat dirasakan oleh warga yang ada di tepian sungai musi yang jarang sekali mengkonsumsi daging" kata Diwadia selaku kepala cabang ACT Palembang


Tak hanya pulokerto, Global Qurban juga mendistribusikan sebanyak 8 ekor sapi dan 5 ekor kambing atau setara dengan 1.375 paket daging qurban kepada warga prasejahtera yang ada di beberapa wilayah Palembang, seperti Desa Air Itam, Desa Pupuy, Pulau Borang, Pulau Salah Nama, TPA Sukawinatan, Kenten Laut hingga ke Banyuasin dan Pali


Bekerjasama dengan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di kota Palembang, Global Qurban melaksanakan proses pemotongan hingga pengemasan di tempat yang sama dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,  demi mencegah laju penyebaran virus covid.(Rl/Al)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.