Idul Adha 1442 Hijriah, Herman Deru Sebar 100 Ekor Sapi Untuk Masyarakat Sumsel

* Imbau Warga Sholat Ied Dirumah Masing-masing


PALEMBANG, Liputansumsel.com, - Gubernur Sumsel H Herman Deru gencar melakukan berbagai upaya untuk memberikan perhatiannya kepada masyarakat. Bahkan menjelang hari raya idul adha 1442 H, Herman Deru berkesempatan untuk menyerahkan langsung sapi kurban di beberapa lokasi.



Langkah itu sebagai wujud kepedulian Herman Deru kepada masyarakat di momen  berharga tersebut.



"Sengaja kita datang ke beberapa tempat ini untuk menyerahkan sapi kurban kepada masyarakat. Ini merupakan langkah kita untuk berbagi di hari raya idul adha," kata Herman Deru di sela penyerahan sapi kurban di masjid Agung Palembang, Senin (19/7).



Dijelaskannya, sedikitnya ada 100 ekor sapi kurban yang disiapkan Pemprov Sumsel untuk dibagikan ke sejumlah wilayah yang memang sebelumnya telah dilakukan pendataan.



"Ada 100 ekor sapi yang terkumpul. Sapi kurban tersebut merupakan hasil dari dana yang dikumpulkan para ASN, pegawai BUMD dan lainnya. Sapi-sapi tersebut kita sebar di wilayah-wilayah yang kita nilai berhak menerimanya," paparnya.



Menurutnya, Idul Adha 1442 H saat ini memang merupakan momen yang tepat untuk berbagi. Apalagi idul adha kali ini, masyarakat juga masih harus berjuang melawan pandemi covid-19 yang belum usai.



"Saat ini masyarakat butuh perhatian maksimal, sehingga masyarakat dapat merasakan kebersamaan. Upaya ini diharapkan dapat mengobarkan semangat berkurban," terangnya.



Dia juga menyarankan, agar sapi kurban tersebut dapat dibagi rata untuk masyarakat yang berhak menerimanya.



"Saya menyarankan daging kurban ini dibagikan untuk seluruh masyarakat. Walaupun pembagiannya sedikit tapi harus rata sehingga masyarakat dapat merasakannya," ujarnya.



Diketahui, penyerahan sapi kurban yang dilakukan Gubernur Herman Deru berawal dari Masjid Al Amin di kawasan rumah susun Palembang. Di tempat itu, Herman Deru menyerahkan sapi kurban atas nama dirinya dan keluarga.



Tidak hanya itu, sebanyak 800 kepala keluarga di kawasan padat penduduk tersebut juga diberikan bantuan berupa beras. Bantuan tersebut akan langsung didistribusikan oleh Dinas Sosial Provinsi Sumsel



Lalu, Herman Deru menuju masjid Muhajidin di kawasan 5 Ulu Palembang. Seekor sapi kurban diberikan dikawasan itu. Kemudian, Herman Deru memberikan bantuan hewan kurban di kawasan Jalan KH H Balqi Kelurahan 16 Ulu sebelum akhirnya memberikan bantuan sapi kurban di Masjid Agung Palembang.




Disela-sela penyerahan hewan kurban ini Herman Deru juga mengajak masyarakat Sumsel untuk melaksanakan Sholat Idul Adha  1442 H di rumah mengingat masih dalam situasi pandemi covid-19. 



"Hari rayanya dirumah ya. Termasuk melakukan sholat Ied karena tidak mengurangi hikmadnya. Jadi kita jangan tinggalkan sholat tapi dirumah saja, sedangkan untuk motong hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) atau di tempat yang aman," tegas Herman Deru.



Sementara itu, Ketua Masjid Mujahidin M Idris, mengucapkan terima kasih atas bantuan sapi kurban untuk masyarakat yang telah diserahkan Gubernur.



Dia menegaskan daging sapi kurban tersebut akan dibagi rata untuk masyarakat setempat.



"Kepedulian pemimpin seperti pak Gubernur ini yang kami harapkan. Ini wujud kebersamaan dan mudah-mudahan membawa berkah. Tentunya ini akan dibagikan secara merata untuk masyarakat," ucapnya.




Sementara itu dalam  surat edaran Gubernur Nomor. 039/SE/III.2021 yang memuat  tata cara penyembelihan dan pembagian hewan kurban dimasa pandemi.



Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan sesuai syariat islam, penyembelihan hewan kurban dilakukan dengan penerapan higienis petugas ditempat pemotongan dan pelaksanaan penyembelihan dan pembagian hewan kurban tetap menerpakan protokol kesehatan dan menjaga jarak fisik (Physical Distancing).


Kemudian pendistribusian daging hewan kurban dilakukan oleh petugas ketempat tinggal warga yang berhak menerima atau dengan cara lain yang tidak menimbulkan kerumunan atau antrian, serta petugas yang mendistribusikan daging hewan kurban wajib mengenakan masker dan sarung tangan untuk meminimalkan kontak fisik dengan penerima daging.*****

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.