Lebak Cindo Segera Rampung Akhir Tahun Ini


Palembang, Liputan Sumsel.Com - Pemerintah Kota Palembang terus mengebut penataan Sungai Sekanak Lambidaro. 


Kepala Dinas PUPR Kota Palembang, Ahmad Bastari, menjelaskan, segmen Lebak Cindo mulai dari Sekanak menuju Palembang Indah Mal (PIM) sedang berjalan dan masih tahap pengerukan dan pembangunan dinding. 


Sedangkan dari Ramayana ke Transmart sudah 85 persen. 


"Target kita akhir tahun ini rampung. Kalau semuanya selesai, pedestrian Sudirman akan kita pindahkan ke Sekanak Lambidaro," ujar Bastari, Selasa (27/7/2021). 


Sekanak-Lambidaro ini antara lain dipersiapkan sebagai salah satu destinasi wisata, aktivitas ekonomi, juga kuliner. 


Adapun tujuan utamanya, seperti yang digagas Wali Kota Palembang H Harnojoyo, yakni mengubah wajah kota lebih elok, menjadikan fungsi sungai sebagai pengendali banjir, sumber air bersih, kemudian transportasi sungai dan kegiatan masyarakat bisa direstorasi.


Bastari mengatakan, pihakya saat ini masih terkendala oleh beberapa utilitas seperti PLN, PDAM. 


"Tapi sudah kita koordinasikan dan dalam waktu dekat akan segera ditindaklanjuti, sedangkan konstruksi Insya Allah Desember selesai."


Diketahui, pembangunan yang dilakukan oleh Balai Sarana Permukiman ini merupakan salah satu program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dengan dana Rp 9,4 Miliar.


"Sambutan masyarakat sekitar sangat positif. Mereka antusias karena sekarang pinggiran sungai sudah cantik. Tapi kita harus terus edukasi masyarakat, agar bisa menjaga Lebak Cindo ini. Terus, jangan buang sampah sembarangan, apalagi ke sungai," demikian Bastari. (Rl/Al)

No comments

Powered by Blogger.