Menhub Sebut Pelabuhan Tanjung Carat Program Prioritas Pemerintah Pusat

Herman Deru  Optimis  November 2021 Pelabuhan Tanjung Carat Ground Breaking


PALEMBANG, Liputansumsel.com,- Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi menggelar rapat lanjutan terkait koordinasi dua pembangunan diantaranya Pelabuhan New Palembang di Tanjung Carat dan Pelabuhan New Ambon secara virtual bertempat di Command Center Kantor Gubernur Sumsel, Senin (5/7).



Selain Menhub ikut hadir pada rapat ini Gubernur Provinsi Maluku, Irjend Pol (Purn) Murad Ismail, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Ir. R.Agus H. Purnomo, Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Wahyu Utomo serta pihak yang terkait lainnya. 



Dibincangi usai menggelar rapat, Herman Deru mengatakan, rapat tersebut  merupakan tindak lanjut  dari pertemuan sebelnya yang fokus pada dua pembangunan yaitu New Ambon dan Pelabuhan New Palembang di Tanjung Carat Sumsel. 



Menurutnya dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Menhub RI tersebut,  untuk progres rencana Pelabuhan Tanjung Carat tidak ada koreksi, sehingga pelaksanaan pembangunan dapat sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.



"Alhamdulilah upunya kita tidak ada koreksi,  tetap on schedule.  Insya Allah di bulan November ground breaking  menyesuaikan  jadwal Presiden RI, Joko Widodo untuk pelaksanaannya," kata Herman Deru.



Namun lanjut dia, tinggal  ada sejumlah syarat-syarat yang harus dilengkapi mulai dari administrasi hingga tentang perubahan perubahan.



"Untuk Kementerian dan Lembaga itu juga ada syarat- syarat administrasi yang harus terpenuhi seperti tentang konversi LHK. Tapi itu sebenarnya tambahan karena Pemprov Sumsel sudah ada tanah yang Hak Pengelolaan (HPL) itu fix seluas 600 hektar dalam proses sertifikat," ucapnya.



Maka itu, dia meminta dukungan ataupun doa dari semua pihak serta masyarakat Sumsel semoga di bulan November ini di mulainya pelaksanaan pembangunan Pelabuhan Tanjumg Carat oleh Presiden RI.



"Artinya tidak ada hambatan-hambatan lagi, kita berdoa kita tunggu jadwal pak Presiden bulan november itu akan pelaksanaan. Tapi sebelum bulan November sudah proses leand clearing dari Kemenhub RI," tutupnya.



Sementara itu, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan Pelabuhan New Ambon dan Pelabuhan New Palembang di Tanjung Carat merupakan program prioritas. 



Makanya dia meminta Pemprov Sumsel untuk tetap terus berkoordinasi dan berkolaborasi terkait pembangunan ini.



 "Pembangunan Tanjung Carat akan sangat baik kalau kolaborasi, itu yang kita lakukan," ungkap Budi.



Sebelumnya Menhub juga sudah melakukan beberapa kali kunjungan ke Sumsel dengan melihat langsung lokasi  pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat.****

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.