Palembang Kembali Raih Prestasi Mendapatkan Penghargaan Kota Layak Anak 2021


Palembang, Liputan Sumsel. Com - Prestasi kembali ditorehkan Palembang, dengan meraih penghargaan sebagai Kota Layak Anak (KLA) tahun 2021. 


Penerimaan penghargaan KLA kategori diumumkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) secara virtual, Kamis (29/7/2021). 


“Alhamdulilah kita medapatkan peringkat pertama Kota Layak Anak,” ujar Wali Kota Palembang H Harnojoyo. 


Ia mengatakan, Pemkot Palembang berkomitmen terus memberikan kenyamanan dan hak-hak anak. 


"Anak itu generasi penerus bangsa. Maka kita perlu memberikan haknya. Antara lain hak pendidikan, kesehatan. Kita bersyukur kesehatan anak sudah sesuai target kita, 70%,” ujar Harnojoyo. 


Hal tersebut terbukti dari penurunan persentase kasus stunting di Kota Palembang yang dinilai telah melebihi target. 


"Kasus stunting kita targetkan 7 persen, tetapi kita di bawah 5 persen dan Nasional bahkan masih 20 persen stunting," Harnojoyo menyebutkan. 


Begitu pula terkait pendidikan anak, Pemkot Palembang telah berupaya anak-anak bisa bersekolah semua dengan layak, termasuk anak-anak yang ada di Lembaga Pemasyarakatan.


“Kita sudah berusaha, melalui sekolah Filial, anak-anak tetap mendapat hak memperoleh pendidikan yang layak," kata Harnojoyo pula. 


Ada pula Program Poltabes (Program Layanan Tak Boleh Berhenti Sekolah), melalui Sekolah Filial Anak Jalanan dan Anak Putus anak jalanan juga diakomodir Pemkot Palembang. 


"Begitu juga dengan perlindungan dari kekerasan terhadap anak, itu juga jadi komitmen kita," kata Harnojoyo. 


Ia menambahkan, penghargaan Kota Layak Anak ini kian memotivasi Pemkot Palembang berbuat lebih banyak lagi untuk pemenuhan hak dan tumbuhkembang anak di ibu kota Provinsi Sumatera Selatan ini. 


"Dengan penghargaan tingkat Pratama Kota Layak Anak yang kita raih ini, pastinya akan kita pertahankan bahkan kita tingkatkan. Tapi, urusan anak ini tidak cukup hanya di Pemerintah. Butuh kerja sama semua pihak, yang paling penting adalah peran orang tua," demikian Harnojoyo. (Rl/Al) 

No comments

Powered by Blogger.