Pastikan Kualitas Hasil Pengecoran, Komandan SSK Satgas TMMD Ke-111 Kodim 1207/Pontianak Turun Langsung Dorong Plastik Alas Cor


Kubu Raya -liputansumsel.com--
Kodim 1207/Pontianak melaksanakan program TMMD ke-111 meliputi kegiatan fisik maupun non fisik, salah satu sasaran fisik yaitu pengecoran jalan rabat beton sepanjang 1.100 meter di Dusun Maju Jaya, Desa Kuala Mandor B, Kecamatan Kuala Mandor B, Kabupaten Kubu Raya, Kamis (01/07/2021).
Komandan SSK satgas TMMD ke-111 Kapten Kav Edi Darmadi turun langsung ke lokasi dengan menggunakan kendaraan roda dua mendorong material berupa plastik alas cor.
“Kita gunakan plastik sebagai alas kerja cor beton yang berhubungan dengan tanah, hal ini berfungsi untuk menahan agar air semen tidak merembes kedalam tanah, supaya kualitas hasil cor nya kuat” jelas Kapten Kav Edi Darmadi.
“Intinya fungsi dari plastik cor ini sebagai separator antara material adonan cor dengan tanah secara langsung, hal ini bertujuan untuk menghindari air campuran semen pada material cor tidak hilang karena meresap kedalam tanah” jelasnya.
“Keuntungan menggunakan plastik sebagai lantai kerja cor beton, biaya jadi lebih murah dibanding lantai kerja menggunakan screed atau cor beton berkualitas rendah. Pemasangannya lebih cepat karena tinggal menghamparkannya saja ke lantai. Pengadaan material plastik tergolong mudah didapat serta simpel dalam penyimpanan” paparnya.
“Kerugiannya, plastik rawan sobek saat proses pelaksanaan pekerjaan diatasnya, karena kena material beton atau aktifitas pekerja. Sobeknya plastik dapat membuat kegagalan fungsinya sebagai lantai kerja yang menahan agar air semen tidak merembes ke tanah” pungkasnya dengan raut muka yang serius.
(Pendim 1207/Pontianak)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.