Tim Satgas TMMD Beri Penyuluhan Karhutla Kepada Masyarakat Desa Sentangau Jaya


Bengkayang -liputansumsel.com--
 Cuaca panas dan kondisi seperti menjelang kemarau membuat rawan kebakaran hutan dan lahan. Untuk mengantisipasi hal itu, masyarakat di lokasi TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-111 Kodim 1202/Skw di Kecamatan Seluas, mendapatkan penyuluhan pencegahan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dari Satgas TMMD dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkayang.
 
Dalam materi yang disampaikan narasumber dari Manggala Agni Bengkayang oleh Bapak Yulius pada kegiatan non fisik ini, masyarakat di desa setempat juga diajak untuk berhenti membuka lahan dengan cara membakar. 
 
"Karena, selain merusak lingkungan, asap yang dihasilkan dari pembakaran hutan dan lahan ini dapat menyebabkan bencana asap yang diakibatkan Karhutla," kata Bapak Yulius.
 
Dikatakannya, melalui penyuluhan ini, diharapkan masyarakat selain mendapatkan pengetahuan tentang kehutanan juga mendapatkan alternatif terkait cara membuka lahan tanpa harus membakar.
 
Sementara itu, Pasiter Kodim 1202/Skw, Kapten Inf Sarmin menuturkan, kegiatan penyuluhan ini merupakan salah satu rangkaian program non fisik dari TMMD yang dilakukan oleh Satgas TMMD ini. 
 
“Ya jadi giat Satgas TMMD ke-111 hari ini melaksanakan kegaitan non fisik yaitu penyuluhan tentang Kehutanan yg disampiakn oleh dinas lingkungan hidup yang membahas tentang Karhutla. Diharapkan, melalui program ini tidak ada lagi masyarakat yang membakar hutan ataupun lahan,” pungkasnya.
(Pendim 1202/Skw)

No comments

Powered by Blogger.