Vaksinasi Covid-19 Gratis di Seluruh Puskemas Palembang


Palembang, Liputan Sumsel.Com - Pemerintah saat ini tengah gencar melakukan vaksinasi mulai dari tenaga kesehatan hingga masyarakat umum. 


Di Kota Palembang, sebanyak 41 puskesmas sudah melayani masyarakat yang ingin divaksin. 


Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Mirza Susanty, mengatakan, selain pelayan publik dan tenaga kesehatan, masyarakat umum seperti lansia, pra lansia dan remaja 12-18 tahun menjadi prioritas untuk divaksin. 


"Warga bisa datang ke 41 puskesmas yang tersebar untuk vaksin, terutama lansia dan remaja itu bisa didampingi oleh keluarga/ atau orang tuanya," kata Mirza, Kamis (15/7/2021).


Ia menyebutkan warga bisa mendapatkan pelayanan vaksinasi di 41 puskesmas ini secara gratis.


Syaratnya membawa KTP dan nomor handphone yang aktif untuk pemberitahuan vaksin dosis kedua.


Sedangkan untuk remaja yang belum punya KTP cukup membawa Kartu Identitas Anak (KIA) atau Kartu Keluarga (KK) dan didampingi orangtua.


"Sebelum divaksinasi, akan ada pemeriksaan kesehatan terlebih dulu. Salah satunya, orang yang sudah pernah terkonfirmasi Covid-19 harus menunggu 3 bulan. Setelah sembuh baru bisa divaksin," ujar Mirza. 


Dia menambahkan, Dinas Kesehatan telah pula memetakan sasaran masyarakat yang akan divaksin. 


Ada 1.242.206 sasaran, di antaranya SDM kesehatan sebanyak 14.780, petugas publik 189.012, lansia 181.030, masyarakat rentan dan umum 664.717, dan remaja 192.667.


"Proses pemberian vaksin sudah sejak awal tahun dan sudah banyak juga yang telah selesai suntik dosis tahap kedua, yang baru mulai diberikan vaksin ini adalah remaja," kata Mirza. 


Sementara itu salah seorang warga Palembang, Sri mengatakan, ia sudah melakukan vaksin tahap pertama di Puskesmas Basuki Rahmat. 


Apalagi vaksinasi ini gratis dan bisa dilakukan di puskesmas mana saja


"Katanya bisa di semua puskesmas, jadi pilih yang dekat rumah saja, dan memang gratis. Cukup bawa KTP dan nomor telpon saja untuk dapat SMS tanggal vaksin kedua," kata Sri. (Rl/Al)

No comments

Powered by Blogger.