Hadiri Pelantikan Wali Nagari,Ini Pesan Bupati Pessel.


Padang, Painan,Liputansumsel.com -- Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar menghadiri acara pelantikan Wali Nagari Ampiang Parak, Saipul Bakri di kantor Camat Kecamatan Sutera, Kamis (5/08/2021).


Dalam sambutannya Bupati Rusma Yul Anwar menyampaikan beberapa pesan kepada wali nagari yang dilantik.


Yang pertama, regulasi desa diharapkan mampu menjadikan Nagari Sebagai pemerintah terdepan dalam pelayanan, peningkatan swadaya dan partisipasi masyarakat, percepatan pembangunan nagari yang pada akhirnya menjadikan Nagari sebagai entitas masyarakat mandiri.


Kedua, upayakan penguatan kompetensi melalui revitalisasi peran yang melibatkan seluruh unsur, khususnya dalam mengelola seluruh potensi sumber daya manusia yaitu Masyarakat dan sumber daya alam yang ada di nagari.


Ketiga, penggunaan dana desa di masa pandemi Covid 19 ini harus di fokuskan untuk pemulihan ekonomi nagari, program prioritas, dan adaptasi kebiasaan baru sesuai kewenangan nagari.


Keempat, mendorong untuk berkurangnya angka pengangguran. Untuk itu, pemerintah nagari harus mampu menciptakan lapangan kerja dengan memanfaatkan lahan-lahan tidur dan tanah kas nagari untuk usaha pertanian ataupun bagi peluang ekonomi lainnya.

" Maju mundur nya pemerintah nagari sangat tergantung dari kemampuan wali nagari dalam memanfaatkan semua potensi yang dimiliki nagari dan menggerakkan SDM sesuai dengan kemampuan," ungkap bupati Rusma Yul Anwar


Bupati Rusma Yul Anwar juga mengingatkan kepada wali nagari, diharapkan mampu menjadi motor penggerak percepatan pembangunan dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.


Lanjut Bupati, pemerintah nagari harus mampu mengetahui dan memahami potensi SDM maupun SDA yang dimiliki nagari dan mensosialisasikan program-program yang akan dilaksanakan oleh pemerintah ditengah masyarakat.


"Dan juga mendorong untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan membudidayakan pola hidup bersih, sehat dan jangan lupa jaga prokes tetap masker, jaga jarak."lanjutnya.


Bupati mengucapkan selamat kepada wali nagari terpilih dan terimakasih kepada wali nagari yang lama atas pengabdiannya.


" Mari kita dukung wali nagari pilihan masyarakat dalam rangka memajukan pemerintah nagari agar menjadi nagari yang lebih baik di masa depan,"tutup bupati Rusma Yul Anwar.(EL).

No comments

Powered by Blogger.