Palembang Menjadi Salah Satu Nominasi TPID Award 2020


Palembang, Liputan Sumsel.Com - Kota Palembang masuk nominasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Award 2020.


Hal ini diketahui melalui pengumuman Kemendagri, Rabu (26/8/2021). 


Wali Kota Palembang, H Harnojoyo, , ada tiga kota yang masuk nominasi TPID Award. Yakni Pekan Baru, Palembang, Dumai.


"Dari informasi yang diterima dari Kemendagri, kita meraih urutan kedua untuk kategori TPID Berprestasi 2020," ujar Harnojoyo, usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Nasional pengendalian Inflasi 2021, bertajuk ‘Mendorong Peningkatan UMKM Pangan melalui Optimalisasi Digitalisasi untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Stabilitas Harga Pangan”, melalui zoom meeting, Rabu (25/8/2021). 


Rakor dipimpin langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo dan diikuti oleh seluruh kepala daerah di provinsi, kabupaten dan kota. 


Harnojoyo mengatakan, inflasi di Kota Palembang tahun 2020 mencapai 1,5 persen di sektor pangan. 


Angka ini di bawah provinsi dan nasional yang 1,2 persen.


“Alhamdulillah, kita di bawah provinsi dan nasional, tetapi kita justru deflasi, dikarenakan daya beli menurun, terlebih selama pandemi Covid-19 dan diterapkannya PPKM,” Harnojoyo menerangkan. 


Dia melanjutkan, berdasarkan data BPS, Kota Palembang mengalami deflasi mencapai 0,06 persen, karena di masa pandemi dan aturan PPKM ini daya beli masyarakat menurun, sedangkan stok barang banyak. 


"Ini yang kita khawatirkan, karena petani tahu sekarang lagi deflasi, mereka tidak produktif. Sementara, di Palembang kembali normal lagi dan aturan PPKM sedikit longgar, seperti mal boleh beroperasi namun tetap dibatasi dan daya beli pasti akan meningkat," jelasnya.


Harnojoyo berharap petani dan UMKM memanfaatkan teknologi dan berjualan secara online.


Ia juga mengharapkan dorongan dari Pemerintah Pusat melalui perkreditan ataupun usaha untuk keberpihakan pada sektor pangan. 


“Mudah-mudahan ke depan ekonomi kita kembali pulih dan geliat ekonomi normal kembali,” kata Harnojoyo. 


Harnojoyo menambahkan, Pemkot Palembang akan terus berupaya agar inflasi tetap stabil dengan tindak lanjut dari dinas- dinas terkait. (Rl/Al)

No comments

Powered by Blogger.