Sistem OSS Beri Kemudahan Dalam Pelayanan Perizinan


Palembang, Liputan Sumsel.Com - Wali Kota Palembang, H. Harnojoyo secara virtual menghadiri peresmian peluncuran Sistem Online Single Submission (OSS) oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). 


Dengan perizinan ini, diharapkan dapat memudahkan pengusaha mikro hingga besar.


"Hari ini kita luncurkan Online Single Submission berbasis risiko. Ini merupakan reformasi signifikan dalam perizinan, menggunakan layanan perizinan online terintegrasi dan terpadu dengan paradigma perizinan berbasis risiko," ujar Presiden Jokowi, melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (9/8/2021).


Wali Kota Harnojoyo menyampaikan, melalui sistem OSS tersebut perizinan disesuaikan dengan tingkat risiko langsung ke pusat. Hal tersebut akan mempermudah pelaku usaha lebih mendapatkan izin.


“Semoga dengan adanya OSS telah diresmikan hari ini perizinan bisa lebih baik lagi dan terkendali,” ujar Harnojoyo. 


Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palembang, Akhmad Mustain, menuturkan, meskipun perizinan bisa langsung ke pusat dengan waktu yang cepat dengan tempo yang ditentukan, layanan OSS berbasis risiko ini tak akan mengebiri kewenangan daerah. 


Namun, memberikan standar layanan bagi semua tingkatan pemerintah yang mengeluarkan izin, baik di level pusat hingga daerah sehingga tanggung jawabnya semakin jelas dan layanannya juga makin sinergis.


"Izin yang dilakukan dengan satu portal OSS di seluruh Indonesia ini tidak mengurangi kewenangan daerah, tapi ini memastikan daerah untuk bekerja keras lagi untuk memastikan tempat pelaku usaha itu benar sebelum tempo izin keluar," ujar Mustain. (Rl/Al)


 

No comments

Powered by Blogger.