Dikbud Muba gelar bimtek di batsu


Muba,liputansumsel.com--Guna memberikan pemahaman sebanyak 105 orang kepala sekolah dan guru TK dan Paud di Kecamatan Babat Supat, Kabupaten Musi Banyuasin mengikuti Bimbingan Tehnik (Bimtek) Penyusunan Dokumen 1 dan 2 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Taman Kanak-kanak dan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud), bertempat di Aula Desa Tanjung Kerang,Selasa(21/09/21).


Mengigat kabupaten Musi Banyuasin masih di Landa covid19 kegiatan tersebut Dengan mengedepankan protokol kesehatan secara ketat kegiatan tersebut berjalan dengan lancar sampai kegiatan selesai sore, kegiatan tersebut di hadiri langsung oleh kepala dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Musi Banyuasin Musni Wijaya,S.Sos MSi di wakili oleh Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia Kabupaten Muba Susi Indriyani SPd MSi dan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muba Drs R R Gunawan MM sebagai narasumber pengisi kegiatan.



Ketua IGTKI Kabupaten Muba Susi Indriyani SPd MSi dalam paparannya mengatakan,bahwa dalam melakukan penyusunan Dokumen 1 dan 2 KTSP ada beberapa langkah yang harus dilakukan, diantaranya analisis konteks, pengesahan, dan pemberlakuan KTSP.


“Dalam penyusunan di isi dengan berbagai rujukan yang digunakan dalam penyusunan KTSP, baik berupa undang-undang, peraturan, kebijakan daerah, atau rujukan lainnya,”papar Susi.


Selain itu,di jelaskannya dalam mengembangkan KTSP ada beberapa faktor yang harus diperhatikan agar penyusunan dokumen dapat terealisasi dengan baik.


“Kita harus memperhatikan keragaman geografis, keragaman potensi sumber daya, ketersediaan sarana dan prasarana yang berbeda antar satuan pendidikan, keragaman latar belakang dan kondisi sosial budaya, dan karakteristik lembaga, misal lingkungan, sosial, peserta didik, dan visi misi,”cetusnya.


Di tempat yang sama, Koordinator Wilayah(Korwil) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Musi Banyuasin H Hasan Basri SPd MPd dalam sambutannya mengucapkan selamat mengikuti bimbingan tehnik tersebut semoga nantinya dapat menjadi lebih baik lagi untuk menjadi seorang tenaga didik yang inovatif,Harap Hasan.


Lanjutnya,“Semoga dengan adanya bimbingan tehnik ini nantinya seluruh kepala sekolah dan guru-guru TK dan PAUD di Kecamatan Babat Supat dapat menjadi lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. Jadilah guru yang inovatif yang mampu memberikan ilmu kepada siswa siswi,Selain itu,tumbuhkanlah kesadaran untuk mengemban tugas agar menjadi guru koperatif,”Tutupnya.

No comments

Powered by Blogger.