6 Trik dan Cara Foto Malam Hari dengan HP Android, ini Rahasianya!


https://www.pexels.com/id-id/foto/malam-bunga-bunga-duduk-sparkler-8229661/

Selfie menjadi kegiatan yang lumrah dilakukan oleh banyak orang seiring dengan perkembangan teknologi smartphone yang sudah dilengkapi kamera. Untuk menghasilkan foto selfie yang jernih dan detail dibutuhkan beberapa faktor, salah satunya pencahayaan.

Menjadi problem tersendiri jika foto diambil pada malam hari yang minim cahaya. Namun, tak perlu khawatir Anda dapat menerapkan 6 trik dan cara foto malam hari berikut untuk hasil yang bagus meskipun cahaya minim dan memakai HP android, bukan mirrorless atau pun DSLR.

Rahasia Cara Foto Malam Hari dengan HP Android

Minimnya cahaya pada malam hari membuat kegiatan ber-selfie dengan HP agak mengalami kendala. Padahal bisa saja banyak agenda yang harus dilakukan pada malam hari.

Kini Anda tak perlu cemas lagi, tanpa harus menggunakan mirrorless, cukup dengan HP android siapa pun bisa mendapatkan foto yang sempurna meskipun diambil dengan cahaya minim, berikut trik dan caranya.

   Gunakan Fitur Night Mode

Fitur Night Mode yang diaktifkan saat mengambil gambar pada malam hari yang minim cahaya dapat menghasilkan foto yang bagus. Hal ini karena night mode membuat shutter speed pada kamera memiliki kecepatan lambat sehingga dapat mengeluarkan cahaya dalam intensitas tinggi yang dapat menangkap gambar lebih detail.

   Tambahkan Cahaya Buatan

Cara berikutnya dengan menggunakan cahaya tambahan yang berfokus pada objek sehingga lensa kamera akan lebih mudah menangkap detilnya.

Cahaya tambahan bisa didapat dari lampu yang terang, ring light dan sebagainya. Jangan lupa gunakan diffuser agar cahaya yang dihasilkan menjadi lembut sehingga hasil foto akan tetap cantik.

Menggunakan flash yang ada di kamera HP saat memotret pada malam hari sebenarnya kurang disarankan karena cahaya yang terlalu keras bisa menghilangkan kesan natural pada hasil bidikan. Cahaya lampu flash yang mengenai objek akan memantul sehingga mengurangi kualitas foto.

   Gunakan Manual Mode

Berikutnya ialah menggunakan manual mode pada kamera yang Anda gunakan. Dengan mengaktifkan manual mode pada kamera smartphone maka Anda dapat menyesuaikan shutter speed, ISO, aperture untuk menghasilkan gambar yang profesional.

Namun sama seperti Night Mode yang tidak ada di semua kamera, sebenarnya fitur manual mode pun demikian. Tak perlu khawatir, Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut di Play Store.

   Pakai Versi RAW

Mode RAW yang biasanya terdapat pada kamera profesional seperti DSLR kini dapat ditemukan di beberapa merek ponsel. Foto dalam versi RAW memungkinkan Anda untuk memiliki hasil foto dengan kualitas terbaik, warna yang lebih tajam serta detail.

Jika ponsel yang Anda miliki tidak menyediakan mode RAW, Anda bisa menggunakan aplikasi edit foto misal Adobe Lightroom, ProCam dan aplikasi lain yang bisa ditemukan di Play Store.

   Gunakan Tripod untuk Menopang Handphone

Foto yang diambil tanpa penopang biasanya menghasilkan gambar yang blur, kurang fokus atau noise. Hal ini tentu memberikan kualitas foto yang kurang profesional.

Salah satu trik yang dapat Anda lakukan untuk membidik foto yang jernih dengan menjaga tangan agar tidak goyang. Anda dapat menahan nafas beberapa detik ketika menekan tombol saat membidik gaya selfie di malam hari.

Namun jika Anda tidak ingin ribet, Anda bisa menopang HP menggunakan tripod. Selain menjaga hasil bidikan agar tidak blur, tripod juga memungkinkan Anda lebih leluasa berpose.

   Edit Hasil Foto

Setelah menerapkan beberapa trik dan cara di atas, Anda bisa melakukan edit pada foto hasil bidikan di malam hari. Berikan edit secukupnya untuk mendapat hasil yang berkualitas.

Salah satu merek handphone yang dapat Anda gunakan untuk gaya foto selfie di malam hari adalah Vivo V23e. Ponsel yang dibanderol dengan harga empat jutaan ini memberikan Anda beragam fitur seru, antara lain :

   Dilengkapi dengan prosesor MediaTek Helio G96 dan memori 8 GB RAM yang bisa di-eksten hingga 4 GB serta 128 GB ROM. Tentu hal ini akan mendukung berbagai aktivitas penggunaan HP seperti mengunduh banyak aplikasi tanpa khawatir memori cepat penuh.

   Memiliki triple camera yang pastinya sempurna untuk aktivitas gaya foto selfie di malam hari Anda. Masing-masing kamera vivo v23e memiliki resolusi sensor sudut lebar sebesar 64MP, ultrawide 8MP, tak ketinggalan lensa makro 2MP.

Tak hanya mendukung gaya foto selfie di malam hari dengan resolusi 50 MP, kamera belakangnya juga mampu merekam video dengan hasil yang tak mengecewakan.

Dengan HP ini, Anda dapat berkreasi saat mengambil gambar, misal menggunakan fitur Multi Style Portrait yang memungkinkan Anda melakukan portrait selfie dengan berbagai gaya.

Double exposure untuk hasil foto dengan beda gaya dalam satu bingkai, dual view video yang bisa mengambil video layar depan dan belakang secara bersamaan.

Tak ketinggalan night camera AI Extreme Night-nya membuat Anda bisa menghasilkan foto yang bagus walau minim cahaya. Sangat cocok untuk gaya foto selfie di malam hari tentunya.

   Dilengkapi dengan baterai bertenaga 4050 mAh dengan fitur fast charging mampu mengisi daya hingga 69% dalam waktu 30 menit saja. Memiliki layar AMOLED yang dapat menghemat penggunaan baterai karena secara otomatis akan mematikan layar yang berwarna hitam.

Vivo v23e bisa Anda dapatkan di toko online Blibli.com. Melalui Blibli, Anda bisa memenuhi berbagai kebutuhan tak terkecuali smartphone. Kunjungi Blibli sekarang dan dapatkan berbagai potongan harga, gratis ongkos kirim, poin dan berbagai keuntungan menarik lainnya.

Nah itulah pembahasan mengenai 6 trik dan cara foto malam hari menggunakan HP android. Dengan handphone Vivo v23e, dapatkan foto berkualitas meski diambil dengan cahaya yang minim. Segera unduh aplikasi Blibli di Play Store untuk mendapatkan berbagai penawaran seru lainnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.