Harnojoyo :Shalat Subuh Berjamaah Banyak Memberi Mamfaat


Palembang, Liputan Sumsel. Com - Program Shalat Subuh Berjamaah yang dicanangkan Walikota Palembang, H Harnojoyo sejak September 2018 lalu terus berlanjut. 


Bahkan, secara langsung orang nomor satu di Kota Palembang ini menandatangani Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 69 Tahun 2018 tentang Gerakan Salat Subuh Berjamaah.


"Ini Peraturan Wali Kota pertama yang saya tandatangani pada masa jabatan kedua. Peraturan ini tidak main-main, walaupun ditandatangani secara seremonial, tapi aplikasinya harus benar-benar dijalankan,” ujar Harnojoyo, Sabtu (19/3/2022).


Harnojoyo mengatakan, shalat subuh berjamaah memberikan banyak manfaaat. Antara melatih disiplin, sebagai sarana silaturahmi pemerintah dan masyarakat. 


“Kami juga bisa menyerap aspirasi masyarakat dengan kunjungan langsung seperti ini. Jika ada persoalan kita bisa carikan solusinya,” kata Harnojoyo.


Ia juga menyebutkan, ada enam kunci sukses. Yakni belajar, silaturahim, disiplin, bekerja keras, bekerja cerdas, kerja ikhlas.


“Dengan inilah kita bisa mendapatkan kesuksesan. Kami berharap tidak hanya pemerintah, tapi masyarakat juga bisa menerapkan 6 kunci sukses ini,” ujar Harnojoyo.


Diketahui program unggulan Pemerintah Kota Palembang yakni Shalat Subuh Berjamaah dan Gotong Royong sempat terhenti sejak 2019 karena adanya pandemi Covid-19. 


Melalui shalat subuh berjamaah, Wali Kota Harnojoyo bisa bersilaturahmi sekaligus menyerap aspirasi warga. 


Program pembangunan baik yang telah, sedang dan akan dilaksanakan juga bisa disosialisasikan ke masyarakat lewat program Shalat Subuh Berjamaah. 


Pun begitu dengan Program Gotong Royong yang dilaksanakan setiap pekan, serentak di 107 kelurahan dan 18 kecamatan, serta melibatkan OPD dan instansi pemerintah, swasta, ormas, serta warga. 


Menurut Harnojoyo, dengan gotong royong, akan muncul kesadaran dan kepedulian semua pihak akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. 


"Kalau program ini tidak dilanjutkan akan sayang sekali. Karena masyarakat juga sudah mulai terbiasa dengan dua program ini," ujar Harnojoyo. 


Untuk memulai kembali program safari subuh berjamaah, Harnojoyo telah melakukan persiapan. Antara lain dengan menerapkan protokol kesehatan.


"Kita lihat bagaimana kondisinya. Yang jelas program ini akan segera dilaksanakan kembali," tutupnya. (Rl/Al)

No comments

Powered by Blogger.