PMI Kota Palembang Gencarkan Kegiatan Donor Darah


Palembang, Liputan Sumsel. Com - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palembang terus menggencarkan kegiatan donor darah menjelang Ramadhan.


Kali ini, donor darah dipusatkan di kantor Camat Ilir Barat Dua, Kamis (17/3/2022).


Ketua PMI Kota Palembang, Fitrianti Agustinda, kegiatan donor darah ini untuk persiapan selama bulan puasa. Karena permintaan darah sangat tinggi. Apalagi di masa Covid-19 seperti ini.


“Biasanya sebelum pandemi, kita membutuhkan 5 ribu kantong darah setiap bulannya. Nah sekarang selama pandemi makin meningkat, yakni 7 ribu kantong darah per bulan,” ujar Fitrianti, yang juga Wakil Wali Kota Palembang.


Ia menyebutkan, donor darah ini akan dilakukan di setiap kecamatan. Karena, saat bulan puasa banyak masyarakat yang enggan untuk mendonor darah dan juga terkadang takut mendonor darah.


“Tentunya faktor takut itu karena kondisi Covid ini ya. Maka dari itu, memasuki bulan puasa, PMI mengumpulkan darah sebanyak-banyaknya. Karena saat puasa kesulitan kita beda lagi. Yakni umat muslim tidak mau donor darah saat puasa,” Fitrianti menerangkan.


Dia mengingatkan bagi yang sudah biasa donor darah, sebaiknya dilakukan rutin yakni dua bulan sekali harus donor lagi. Orang mendonor darah, bukan hanya membantu bagi orang lain, tapi juga bermanfaat bagi dirinya sendiri.


"Maka dari itu kegiatan ini sangat membantu saudara kita. Dan juga untuk menyetok darah selama bulan suci Ramadhan,” demikian Fitrianti. (Rl/Al)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.