PMI Palembang Gencarkan Donor Darah


Palembang, Liputan Sumsel.Com - PMI Kota Palembang terus mengencarkan donor darah untuk mencukupi kebutuhan stok darah. Hari ini, Senin (21/3/2022) donor darah dipusatkan di aula kantor Camat Ilir Timur Satu, Palembang.


Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda, mengatakan, kegiatan donor darah tersebut dilaksanakan untuk mengumpulkan stok darah sebelum memasuki bulan suci Ramadhan.


“Semua ini tentu dalam rangka memasuki bulan suci Ramadhan. Karena kita tahu untuk kegiatan donor darah ini kan di tengah Covid-19 ini meningkat,” ujar Fitrianti.


Ia menyebutkan permintaan stok darah meningkat setelah pandemi covid-19.


“Satu bulan sebelum pandemi permintaan darah bisa 5.000 kantong per bulan. Namun, setelah pandemi ini permintaan darah bertambah sampai 7.000 kantong per bulan. Sehingga kita butuh stok,” kata Fitrianti.


Apalagi, Fitrianti menuturkan, jika biasanya pada saat Ramadhan umat muslim tidak bisa melakukan donor darah.


“Karena itu kegiatan donor darah ini kita kejar sebelum puasa supaya bisa stok darah kita betul-betul tercukupi.”


Adapun donor darah itu direncanakan di 18 kecamatan di Palembang. Ini adalah kegiatan donor darah keempat di empat kecamatan.


Fitrianti berharap, masyarakat tidak perlu khawatir untuk melakukan donor darah.


“Saya berharap kepada masyarakat dan yang sudah biasa donor darah, jangan takut mendatangi PMI, atau jika ingim donor darah. Karena ini juga untuk membantu saudara-saudara kita yang berada di rumah sakit yang membutuhkan.” (Rl/Al)

No comments

Powered by Blogger.