Bupati Askolani Gendong Anak Kecil Yang Terjebak Dalam Rumahnya Yang Kebanjiran


Banyuasin,liputansumsel.com-      Bupati Banyuasin, H Askolani SH MS, turun langsung periksa kondisi daerah perumahan yang terendam banjir, di wilayah Kecamatan Talang Kelapa. Terlihat sang Bupati turun sendiri dan menggendong anak anak kecil untuk menyelamatkan mereka yang terjebak di rumah yang terendam banjir, menggunakan perahu karet BNPB, Rabu 13 April 2022.


Dari laporan didapat, ada 3 perumahan di wilayah Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Bayuasin yang terendam banjir, atara lain Perumahan Orcid, Mekar Sari, dan Perumahan Citra Tanah Mas. Hal ini disebabkan luapan air yang tidak bisa ditampung lagi oleh aliran drainase perumahan, juga terdapat penimbunan sungai yang sebelumnya lebarnya mencapai 4 meter, kini menjadi 2 meter, diakibatkan pembangunan sutet.


Bupati Banyuasin, H. Askolani, didampingi oeh Plt Kepala Dinas Kominfo Banyuasin, Noffaredy, dan Kepala BNPB Kesbangpol Banyuasin, Alfian Soleh beserta jajaran terkait. Langsung terjun memeriksa kondisi warga yang terkena bencana bannjir, terlebih dari info yang didapat adanya buaya yang terlihat oleh warga saat kondisi bajir di lingkungan perumahan Orcid, Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin.                                                                                                                           Bahkan Bupati sendiri lagsung turun memeriksa rumah warga, dan melakukan evakuasi terhadap anak anak yang masih terjebak di rumah bersama keluarganya.


"Saya minta perahu karet dan kita periksa, sekaligus evakuasi anak anak yang masih ada dirumah," katanya setiba di lokasi.


Dari laporan dilapangan, total hampir 100 rumah dari tiga lokasi yang terendam banjir, dan yang terparah di wilayah Jalan Rohidin, Tanah Mas, Kelurahan Talang Kelapa yang kedalamannya mencapai batas dada orang dewasa.                                                                               Saat melakukan evakuasi, Bupati menemukan 3 orang anak kecil yang masih terjebak bersama keluarganya dirumah, bahkan ada yang mengalami kedinginan karena terendam air.


"Anak kecilnya bawa kesini pak, itu sudah kedinginan, selamatkan dulu dan nanti perahu datang kesini menjemput orang tuanya," kata Bupati saat menggendong anak kecil ke perahu.


Dirinya menambahkan, jika sekarang ini masyarakat harus tetap sabar dan berkumpul di satu titik, nanti pihak Pemkab Banyuasin akan merkoordinasi untuk membuka tenda darurat untuk pengungsian, dan besama BNPB Kesbangpol Banyuasin akan mengirim batuan sembako untuk masyarakat yang terkena musibah banjir. Bupati Banyuasin, H Askolani juga memberikan bantuan uang tunai pribadi kepada masyarakat, dan sembako yag dibawa sementara untuk menjadi konsumsi masyarakat pada hari ini.


Selain itu, Bupati memerintahkan kepada pihak kecamatan dan kelurahan di Talang Kelapa, untuk memonitor kondisi rumah serta warga yang masih di posisi banjir, jika memang membutuhkan bantuan urgent, maka Bupati memerintahkan untuk langsung menghubungi beliau, sehingga bisa memerintahkan tim untuk langsung terjun menambah personil.


"Saya minta pihak kecamatan dan kelurahan lakukan monitoring diwilayah ini, jangan sampai ada warga yang masih terkendala dan terjebak di rumah, jika memang urget langsung telpon saya, dan saya akan langsung tambahkan personil untuk evakuasi tambahan," tambahnya. (SMSI Banyuasin)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.