Bupati Oi Lounching Pilkades Serentak

 


Indralaya.liputansumsel.com--Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar secara langsung melaunching pesta demokrasi tingkat Desa, yang berlangsung di Gedung Caram Seguguk KPT Tanjung Senai Indralaya Kamis (12/5).




Pelaksanaan Launching Pilkades serentak ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Bupati Panca, Wabup H Ardani SH , Dandim 0402 OKI-OI Letkol Inf Hendra Saputra, , Ketua DPRD OI Suharto SH, dan Plt Kepala PMD Sumsel Nelson Firdaus.  



Selanjutnya penyerahan peraturan bupati (Perbup) tentang Pilkades , dan pencoblosan.



Bupati Panca mengatakan, pilkades serentak yang akan diikuti sebanyak 173 Desa , jumlahnya cukup signifikan, sehingga peluang dan dinamika gejolak dengan memanfaatkan keadaan sangat rentan sekali.




“Kita ingin pilkades dapat berjalan secara  jujur, adil dan rahasia, jangan mencederai pilkade, Mari kita  sama –sama menjaganya se-obyektif mungkin, netralitas perlu dikedepankan,’’harap Bupati.



kepada calon kepala desa (Cakades) untuk  menanamkan niat ketika mencalonkan diri,’’Niatkan untuk melayani, mengayomi, dan mengabdi untuk masyarakat,’’Ketika dalam Pilkades juga harus siap menang dan siap kalah, Yang kalah harus mendukung dan yang menang harus merangkul,’’kata Bupati.



Bupati Panca menambahkan, bahwa jabatan Kades saat ini selama 6 tahun dengan 3 periode,’’Kalau sampai jabatan kades 3 periode, maka separuh hidupnya untuk masyarakat, saya berharap Kades yang terpilih nanti, dapat mensinkronkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati,’’ ujarnya.



Sementara Kepala PMD Pemkab Ogan Ilir Akh Lutfi SSos MSi mengatakan,  Pilkades serentak tahun 2022 akan melibatkan sebanyak 173 desa dari 227 desa, yang akan berlangsung 15 Oktober 2022 mendatang.



“Pelaksanaan Launching Pilkades serentak  yang kita lakukan ini, bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman secara mendalam mengenai aturan  tahapan  dari pelaksanaan Pilkades itu sendiri,’’ ujar Lutfi.(rul)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.