Perayaan Idul Adha 1443 H dan Penyembelihan Hewan Kurban di Lapas Muara Enim Momentum Ukhuwah Islamiyyah


Muara Enim, Liputansumsel.com Lantunan takbir berkumandang merayakan hari raya Idul Adha hari ini petugas dan warga binaan Lapas Muara Enim laksanakan Shalat Idul Adha 1443 H/2022 M yang diselenggarakan di Masjid Al-Muzakkir Lapas Muara Enim, Minggu (10/7/2022). 


Kalapas Muara Enim Kemenkumham Sumsel Herdianto beserta Jajaran hadir mengikuti rangkaian Shalat Idul Adha 1443 H/2022 M secara berjamaah. Bertindak sebagai imam dan khotib H Zen Malhani SPdi dari Kemenag Kabupaten Muara Enim. 


Dalam sambutannya, "Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 H bagi seluruh warga binaan maupun petugas Lapas Muara Enim. Rangkaian kegiatan ini merupakan sebagai momentum bagi kita dalam meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT," ucap Herdianto. 


Lebih lanjut, "Kendati berada dalam pembinaan di Lapas Muara Enim, Warga Binaan bisa tetap merasakan perayaan Idul Adha, terdapat layanan Video Call Gratis serta Layanan Penitipan Barang dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan," tuturnya. 


"Dari Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail kemudian menjadi dasar kewajiban berkurban bagi Umat Muslim hingga saat ini. Melalui kewajiban berkurban, Umat Muslim diperintahkan untuk bersedekah, saling menolong, memberi, dan mengasihi terhadap sesama. sehingga hikmahnya kehidupan manusia dapat berjalan dengan damai, rukun, dan sejahtera," tambahnya. 


Seusai pelaksanaan Shalat Idul Adha 1443 H, Kegiatan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban, Tercatat ada tujuh ekor hewan kurban yaitu tiga ekor sapi dan empat ekor kambing masing masing dari Penjabat Bupati Muara Enim, PT Bukit Asam, PT Priamanaya serta mitra lainnya. 


Kepala Lapas Muara Enim Kemenkumham Sumsel Herdianto memimpin langsung proses penyembelihan. 


Kalapas Muara Enim Kemenkumham Sumsel Herdianto mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan penyembelihan kurban di lakukan bersama akan bisa menumbuhkan Ukhuwah Islamiyyah yang semakin erat antara kita. 


"Banyak hikmah yang bisa kita petik dari Hari Raya Idul Adha ini, yaitu arti sebuah pengorbanan, keikhlasan, kebersamaan, cinta dan kasih terhadap sesama," imbuh Herdianto. 


Hadir dalam rangkaian kegiatan tersebut Kasi Binadik Taufik, Kasimin Kamtib Agusnadi dan Ka KPLP Ressy Setiawan.

No comments

Powered by Blogger.