RM Riyan Zakaria Djauhari: Jadikan Momen HUT RI Ke-77 Ajang Kepedulian Sesama


Palembang,liputansumsel.comDalam rangka menggelorakan semangat patriotisme warga dilingkungan Rukun Tetangga 22 Kelurahan Sukajaya, Sukarame Palembang, tokoh muda Sumsel juga Wakil Ketua Badan Resque Partai NasDem Sumsel, RM Riyan Zakaria Djauhari (RDJ) bersama Kurnawi Ketua RT setempat menggelar acara jalan santai dan senam bersama warga RT 22.


Acara dengan motto Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat tersebut dilaksanakan di plataran gedung Alhijrah Sukabangun 1 pada pagi hari Kamis (17/8/2022) bertepatan menjelang puncak peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 itu diikuti ratusan warga.


Menurut Riyan diadakannya acara ini diharapkan dapat menumbuh kembangkan semangat bagi anak anak dan mengelorakan  sikap nasionalisme dan patriotisme bagi kaum muda dan tua.


" Dalam setiap memperingati hari kemerdekaan perlu digelorakan semangat patriot dan nasionalisme kepada seluruh warga agar dapat memaknai arti akan kemerdekaan bangsa kita yang diperjuangkan oleh para pahlawan pejuang kemerdekaan Indonesia, tutur Wakil Ketua Badan Resque Partai NasDem Prov. Sumsel ini ketika dibincangi usai jalan santai bersama.


Dikatakannya, Kemerdekaan memiliki beberapa makna mendalam, satu di antaranya dapat menumbuhkan rasa saling menghargai dan menghormati. Dengan kemerdekaan yang diperoleh, kita harus selalu menghargai jasa pahlawan yang berjuang meraih kemerdekaan dan menjaga negeri ini dengan jiwa nasionalisme yang tinggi.


Tak kalah pentingnya menanamkan dan menggelorakan sikap patriot dalam setiap sikap kehidupan warga dalam berbangsa dan bernegara.

Dengan sikap patriotisme yang ada dalam diri setiap warga maka kebersamaan dalam persatuan untuk rela berkorban demi NKRI akan semakin terjaga dan kokoh. Tambah suami dari Nurhasanah yang pernah menimba ilmu di Inggris dan Jakarta ini.


" Insyaallah kalau setiap warga sudah tertanam dalam jiwanya sikap nasionalisme dan patriotisme maka perilaku mencintai Indonesia dan rela berkorban dalam menjaga dan mempertahankan NKRI akan semakin kuat." Kata Riyan 


Perilaku warga mencintai produk dan budaya kita, itu sudah merupakan sikap nasionalismenya, termasuk saling menghargai dan menghormati sesama kita.


Dari kepedulian kita dengan lingkungan kehidupan sekitar kita apa yang dapat kita perbuat, tentu perlunya kesadaran kita untuk saling membantu dan berbagi. Karena hidup tanpa peduli sesama adalah hidup tanpa kebersamaan. Riyan mencontohkan


Hal senada disampaikan Ketua RT 22, Kurnawi terhadap pemaknaan memperingati HUT RI Ke-77 tahun ini.


" Memang betul, saat ini sangat diperlukan keutuhan semangat Nasionalisme dan Patriotisme. Untuk itu perlu digelorakan terus kepada warga semangat tersebut dalam setiap memperingati hari kemerdekaan Bangsa kita, ujar Kurnawi yang mengaku dalam menjaga kesehatan ia rutin 2 kali satu minggu selalu berolahraga ringan.


Kalau Era sebelum Reformasi gema dan penggeloraan semangat nasionalisme dan patritosme itu memang sangat gencar dan bagus. Seperti melalui program Penataran Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4). Begitupun program pengajaran di lingkungan pendidikkan cukup lengkap mulai dari murid tingkat SD hingga perguruan diberikan pembelajaran tentang Pancasila, UUD 45, Sejarah, Ilmu bumi dan Geografi. Tambah Kurnawi.


Adapun acara jalan santai yang digelar dengan rute tempuh sekitar 3 KM itu diikuti oleh kaum ibu, bapak, remaja dan anak anak warga RT 22 dan warga sekitarnya.


Selanjutkan diadakan senam bersama di pelataran Gedung Alhijrah dengan bimbingan guru senam dari Thatha Den's, Okta Putri.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.