Wako : Solusi Manajemen Keuangan Atur Kebutuhan, Atur Wako

 


PRABUMULIH – Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) mengelar Tablik Akbar di Pendopoan Rumah Dinas (Rumdin) Walikota (Wako) menghadiri Rektor Tazkiah Bogor, Prof DR Murniati Mukhlisin M Acc CFP IFP, Sabtu (13/8/2022) sebagai pembicara.

Bertajuk “Manajemen Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga Dalam Islam”, Wako Ir H Ridho Yahya MM membuka kegiatan itu.

Ia berpesan, dalam manajemen pengelolaan keuangan rumah tangga dalam islam kuncinya atur kebutuhan dan atur waktu.

“Beli keperluan sesuai kebutuhan, pengeluaran harus disesuaikan pemasukan,” ujar suami Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu.

Ayah tiga anak ini berpesan, jangan gaji kecil kebutuhan banyak. Sebutnya, hal itu memicu utang rumah tangga tidak nyaman. Sebaiknya, hal itu harus dihindarkan.

“Mari kita senantiasa bersyukur guna menambah rezeki, dan juga selalu berbuat kebaikan sebagai bekal diakhirat,” pesan agar selalu percaya dan menerapkan isi alquran sepertia dilakukan.

Rektor Institut Agama Islam (IAI) Tazkiah Bogor, Prof DR Murniati Mukhlisin M Acc CFP IFP dalam tausiyah menjelaskan, ada dua peninggalan rosulullah yaitu alquran dan sunnah.

“Kata rosulullah berpesan, penggang sekencang-kencangnya dunia akan selamat akhirat,” ujar wanita asal Baturaja, OKU.

Menyinggung soal manajemen pengelolaan keuangan dalam RT secara Islam. Sebut Ani, ada lima kunci agar perencanaan keuangan bagus hingga membuat hidup lebih sejahtera.

“Pertama, harus bisa mengelola pendapatan sebaiknya supaya berkah. Seperti diutarakan Pak Wako tadi, yah atur kebutuhan itu kedua. Bedakan kebutuhan dan keinginan merupakan ketiga,” jelasnya.

Keempay kata dia, harus bisa mengelola keuangan ketika tengah banyak uang dan hutang. “Sehingga, bisa selamat dari masalah keuangan. Terakhir, harus pandai mengelola resiko keuangan,” pungkasnya. (

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.