Asisten II Resmikan Pencak Silat Molen Cup 2022


PANGKALPINANG, Liputansumsel.com-- Kejuaraan pencak silat Molen Cup 2022 resmi dibuka hari ini, Kamis (29/09/22) di GOR Depati Bahrein Kacang Pedang Kota Pangkalpinang.


Kejuaraan yang dilaksanakan selama 4 hari hingga 02 Oktober mendatang di buka oleh Asisten II Pemkot Pangkalpinang, Suryo Kusbandoro.


Kegiatan tersebut merupakan sebagai seleksi atlet Pangkalpinang untuk mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bangka Belitung tahun 2023 yang di selenggarakan di Kabupaten Bangka Barat.


Suryo selaku perwakilan dari Walikota Pangkalpinang, H. Maulan Aklil mengatakan kejuaraan ini juga untuk melestarikan olahraga khas Indonesia.


"Pencak silat ini adalah seni bela diri tradisional, jadi selain olahraga kita juga melestarikan budaya, mudah mudahan untuk Porprov nanti kita kembali meraih gelar juara umum," ucap Suryo.


Diketahui sebelumnya cabang olahraga pencak silat menjadi cabang unggulan kontingen Pangkalpinang dalam memperoleh medali di berbagai kejuaraan multi event. Terbukti pada Popda tingkat Provinsi beberapa waktu lalu, pencak silat menjadi cabang olahraga penyumbang medali terbanyak bagi kontingen Pangkalpinang.


Selain itu, Pencak silat sendiri termasuk salah satu cabang olahraga yang banyak memperebutkan medali di Porprov mendatang. 


Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) kota Pangkalpinang, Ferry Antoni berharap melalui kejuaraan ini lahir atlet atlet potensial yang akan mengharumkan nama kota Pangkalpinang.


"Selain mencari bibit untuk Porprov kita juga melestarikan budaya silat di Pangkalpinang, terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga kejuaraan ini bisa terlaksana," sebut Ferry.


Sementara itu, Ketua panitia kejuaraan pencak silat Molen Cup 2022 Romandhona Setyawan, AP, SH, MH, menyampaikan bahwa kejuaraan ini diikuti oleh 281 atlet yang berasal dari 15 perguruan pencak silat yang ada di kota Pangkalpinang


"Peserta berjumlah 281 atlet yang terdiri dari 85 kategori dewasa, 148 remaja dan 48 usia dini," pungkas Romandhona.(iqbal)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.