Desa Kemang Tanduk, Jadi Sentra Produksi Mangga

 PRABUMULIH,liputansumsel.com– Desa Kemang Tanduk menerima bantuan bibit mangga sebanyak 1.000 batang, disalurkan Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Dinas Pertanian Pemerintah kota (Pemkot) Prabumulih pada 2022.

Bantuan itu, diserahkan Walikota (Wako) Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM bersama Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian (Kadistan), Alpian SP disaksikan Asisten III, Drs Amilton dan juga Camat Rambang Kapak Tengah (RKT), Satria Karsa SE dan Kades Kemang Tanduk, Adi Darminto Amd secara simbolis dan dilakukan penanaman.

“Lewat bantuan bibit mangga ini, kita mendorong ke depan setiap kelurahan/desa punya produk unggulan. Kalau berbicara mangga, yah Desa Kemang Tanduk,” ujar Wako Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM kepada awak media di sela-sela penanaman, Jumat, 16 September 2022.

Sambung Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu ini, Desa Kemang Tanduk ini masyarakat penghasilan utama karet. Mangga ini, aku ayah tiga anak ini sebagai penghasilan alternatif bagi masyarakat.

“Setelah sukses Desa Kemang Tanduk sentra produksi mangga. Ke depan, Kelurahan Karang Jaya diupayakan dibantu bibit alpukat. Kelurahan/desa lainya di Prabumulih, punya sentra produksi buah unggulan lainnya,” jelas Politisi Partai Golkar ini.


Harapannya, ada bantuan bibit mangga di Desa Kemang Tanduk ini, masyarakat benar-benar membudidayakannya dan merawat sebaiknya. Hingga, berproduksi dan panen.

“Kita berpesan, bibit mangga diberikan ini dirawat dan dijaga sebaik-baiknya. Agar bisa berbuat, dan dinikmati hasilnya,” tukasnya.

Plt Kadiskan, Alpian SP dikonfirmasi terpisah, tahun ini sebanyak 1.000 bibit mangga bantuan Dirjen Holtikultura Kementan telah disalurkan ke Desa Kemang Tanduk.

“Iya, hari ini penyalurkan bibit mangga dan langsung kita lakukan penanaman secara simbolis. Tadi, telah dilakukan Pak Wako,” terang Alpian.

Kata dia, pemberian bantuan bibit mangga ini bertujuan, guna pengembangan dan budidaya mangga di Desa Kemang Tanduk. “Jadi ke depannya, harapannya Desa Kemang Tanduk menjadi sentra produksi mangga,” tukasnya.

Terpisah, Kades Kemang Tanduk, Adi Darmanto AMd mengatakan, berterima kasih atas bantuan bibit mangga. Bibit tersebut, kata dia, dibagikan kepada masyarakat guna dibudidayakan.

“Iya, harapan Pak Wako memang Desa Kemang Tanduk menjadi sentra produksi mangga. Makanya, kita tekankan, bantuan bibit mangga ini benar-benar dimanfaatkan warga pembudidayaannya,” sebut Adi.

Bebernya, jika nantinya sudah besar dan berbuah. Kalau hasilnya, melimpahkan warga bisa menjual mangga dan menambah penghasilan rumah. “Perumah, kita bagikan 1 hingga 2 bibit mangga. Seluruh warga mendapatkan bibit mangga itu,” pungkasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.