Polsri Wisuda 2.236 Mahasiswa dari 9 Jurusan


Palembang, Liputansumsel.com,- Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) menggelar sidang senat terbuka wisuda ke-38 yang dilaksanakan di Dining Hall Jakabaring Sport City (JSC) , Sabtu (24/9/2022).


Direktur Polsri Dr. Ing Ahmad Taqwa, MT mengatakan, tahun ini Polsri mewisuda 2.236 mahasiswa dari total ada 23 prodi, dari tiga program yakni Diploma III berjumlah 1603 mahasiswa, sarjana terapan 616 mahasiswa dan magister 17 mahasiswa.


"Diharapkan kontribusinya diperlukan untuk bangsa dan negara, dan menjadi garda terdepan untuk memberikan kemampuannya untuk bangsa dan negara sesuai  keahliannya masing masing," ujarnya.


Lebih lanjut Taqwa menuturkan, pada wisuda kali ini ada sekitar 18 mahasiswa yang lulus dengan predikat lulus dengan pujian. "Diharapkan mereka sudah banyak yang bekerja untuk lebih jauh membuat lapangan pekerjaan," ucapnya.


Taqwa menjelaskan, pihaknya akan terus  mengutamakan kualitas. "Mahasiswa Polsri telah ditempa dengan ilmu, skill, dan berbagai ilmu kepemimpinan lainnya. Tingkatkan kemampuan dan skill kalian setelah menyelesaikan pendidikan," jelasnya. 


"Mereka dituntut lebih kreatif. Apalagi di era revolusi 4.0  yang sudah berjalan, dibutuhkan SDM unggul, dan kita berharap lulusan Polsri dapat bersaing di dunia kerja baik lokal, nasional dan internasional," katanya.


Lebih lanjut Taqwa menerangkan, berbagai upaya telah dilakukan untuk menuju Polsri bertaraf internasional. "Kita tingkatkan mutu pendidikan dengan bekerjasama dengan berbagai instansi dan memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi dan masih banyak upaya lainnya yang kita lakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Polsri," ucapnya.


Gubernur Sumsel H Herman Deru diwakili Kabid SMA Diknas Provinsi Sumsel Joko Edi Purwanto mengatakan, ini merupakan suatu terobosan baru lulusan ini merupakan lulusan yang berkualitas dari Polsri.


"Mahasiswa yang diwisuda semuanya itu berkualitas untuk menghadapi tantangan zaman, ini merupakan output dari Polsri yang memang benar-benar dipersiapkan untuk menghadapi tantangan tersebut," katanya.


Joko menuturkan, alumni pada dasarnya mereka sudah dipersiapkan dengan serius untuk menghadapi kemajuan zaman.


"Pada alumni jangan puas hanya pada tahapan itu karena kedepan masih dibutuhkan dan diperlukan adanya ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghadapi tantangan pada zaman ini," bebernya.


Kepada Polsri, Joko berharap agar selalu meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.


"Kita harapkan Polsri mencetak lulusan yang merupakan tenaga siap kerja, yang memiliki kemampuan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja saat ini," katanya.


"Lulusan Polsri sudah banyak yang terserap sebagai tenaga kerja baik di instansi pemerintahan maupun swasta. Kemampuan lulusan dari Polsri tidak hanya mampu bersaing di pangsa lokal tetapi juga pasar nasional bahkan internasional.


"Kedepannya Polsri diharapkan tetap dapat melakukan peran mencerdaskan masyarakat dan transmisi budaya dan melakukan pendidikan ilmu pengetahuan inovasi budaya serta tetap melakukan pelayanan pada masyarakat untuk memperkuat kemajuan masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi," tandasnya.

(A1/HN)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.