Prabumulih Optimalkan Satu Data, Seluruh Data Warga Kurang Mampu Lengkap

 





PRABUMULIH,liputansumsel.com – Walikota (Wako) Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM sangat serius merespon permintaan penyamaan atau keseragaman data warga kurang mampu di Kota Nanas ini bertemu BPS RI.Apalagi, Prabumulih merupakan salah satu Kota Pilot Project Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek). Pantauan awak media, Selasa, 26 September 2022, para lurah/kades di Prabumulih melakukan paparan terhadap data warga kurang mampu di wilayahnya masing-masing.

Prabumulih memang telah memiliki satu data terekam di www.nanasprabuku.kotaprabumulih.go.id. Tetapi, Wako Prabumulih menginginkan, kalau data tersebut lebih dioptimalkan. Sehingga, data diperlukan semuanya ada dan terekam.

“Semua data terekam. Jadi kita punya satu data komplit, baik itu data Kartu Indonesian Sehat (KIS). Penerima PKH, BLT, ODGJ, Lansia, Lumpuh Layuh, Disablitas, Belum Punya KTP, dan lainnya semuanya ada. Ini sangat berguna dan bermanfaat, guna pengentasan warga kurang mampu di Prabumulih ini,” ujar Ridho, sapaan akrabnya, Senin.

Makanya, suami Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu ini menekankan, data belum ada harus secepatnya dilengkapi kelurahan/desa guna pengoptimalan satu data tersebut.

“Kalau kita punya semua data, memudahkan penyaluran bantuan. Apalagi, data tersebut didata RT/RW, dan telah diverifikasi pihak terkait agar penerima bantuan pemerintah memang benar tepat sasaran. Agar data itu benar, kita telah meminta masyarakat menandatangani surat pernyataan. Jika tidak bisa berkonsekuensi hukum,” terang ayah tiga anak ini.

Satu data ini, aku Politisi Partai Golkar ini sangat berguna baginya dan OPD di lingkungan Pemkot jika melakukan paparan di pusat guna mendapatkan sejumlah bantuan bagi Bumi Seinggok Sepemuyian ini.

“Adanya satu data dimiliki Prabumulih, sangat berguna sekali dalam penyaluran bantuan baik dari Pemkot Prabumulih ataupun pemerintah pusat,” bebernya.

Kadiskominfo Prabumulih, Drs Mulyadi Musa MSi mengatakan, memang sejauh ini satu data penting sekali dan terus dioptimal dilakukan. “Semua data warga kurang mampu, ke depannya masuk dan terekam di website www.nanasprabuku.kotaprabumulih.go.id,” tukas Mulyadi.

Selain itu, aku Mantan Kabag Humas dan Protokol, penyaluran bantuan dari pemerintah benar-benar tepat sasaran. “Kalau data akurat, yah penerima bantuan akan tepat sasaran,” pungkasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.