SMP Negeri 19 Palembang Gelar Rentak Ulu Melayu


Palembang,  LiputanSumsel. Com -  Sebagai bentuk melestarikan kesenian tradisional dan  kebudayaan, SMP Negeri 19 Palembang yang berada di Jalan Srijaya Km.5,5 Kecamatan ALang-Alang Lebar Palembang bekerjasama dengan Televisi Republik Indonesia (TVRI)  Sumsel Gelar Acara bertajuk "Rentak Ulu Melayu" ,  Kamis (08/08/2022).


Kegiatan yang bertujuan mengangkat kearifan lokal budaya Sumatera Selatan  sekaligus melestarikan kesenian tradisional tersebut melibatkan siswa-siswi serta para guru dilingkungan SMP Negeri 19 Palembang. 


Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang H. Ahmad Zulinto, S.Pd., M.M pada sambutanya menyampaikan sangat mengapresiasi atas terselenggaranya Acara Rentak Ulu Melayu sala satu program TVRI untuk kalangan pelajar dikarenakan sangat mengedukasi. 


"Sejarah melayu harus tetap dilestarikan dimasa kini karena ini budaya yang berakar yang harus tetap kita jaga. Selain itu, dapat menumbuhkan rasa cinta generasi muda terhadap budaya, "ujarnya. 


Kepala SMP Negeri 19 Palembang Drs.Maju P Simanjuntak, M.Si menyampaikan bahwa melalui program  TVRI yang bertajuk Rentak Ulu Melayu ini dapat mengangkat budaya dan kesenian yang ada di  Sumatera Selatan khususnya Kota Palembang. 


" Kita berterimkasih  kepada pihak TVRI Sumsel yang telah memberikan kesempatan kepada SMP Negeri 19 Palembang sehingga  acara Rentak Ulu Melayu hari ini  dapat terlaksana  dengan meriah. Bagi kami  ini sangat mengedukasih bagi para pelajar , "ungkapnya. 


Dizaman era digital masa kini menurut maju simanjuntak anak-anak muda lebih cenderung melihat dunia lain sementara budayanya sendiri terlupakan, inilah tantangan yang harus dilaksanakan sehingga budaya melayu dapat terpelihara dan dapat dilestarikan . 


" Budaya melayu tentunya dapat dijalankan dalam tatanan kehidupan sehari-hari, "ungkapnya. 


Lanjut maju" Luar biasa acara ini begitu antusias diikuti para siswa dan guru. Berbagai penampilan mulai dari tarian, menyanyikan lagu khas palembang, penampilan pakaian adat serta  pantun tentunya menambah semakin semarak.(Al)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.