Badan Pusat Statistik Palembang Gelar Regsosek Bangun Data Kependudukan Tunggal


Palembang,  Liputan Sumsel.Com. Sebagai langkah menyediakan basis data kependudukan yang akurat terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, tingkat kesejahteraan serta  mengenai basis data perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat, Badan Pusat Statistik gelar Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) .


Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Palembang Yudhistira Arya menjelaskan, BPS pada tanggal 15 Oktober - 14 November 2022 telah melaksanakan yang namanya pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) di seluruh provinsi di Indonesia, termasuk Kota Palembang.


"Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) adalah upaya pemerintah untuk membangun data kependudukan tunggal, atau satu data , "ujarnya (28/12/2022).


Regsosek ini penting karena akan mendeteksi data dengan akurat. Oleh sebab itu.  Dengan data yang akurat ini nantinya dapat jadi acuan pemerintah agar  lebih mudah menentukan langkah mengenai kebijakan.


"Dengan menggunakan data tunggal, pemerintah dapat melaksanakan berbagai programnya secara terintegrasi, tidak tumpang tindih, dan lebih efisien," ucapnya.


Kendati demikian, Yudhistira Arya menyebutkan data Regsosek dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas berbagai layanan pemerintah seperti pendidikan, bantuan sosial, kesehatan, hingga administrasi kependudukan.


" Jadi yang didata semuanya termasuk kondisi kesehatan, rumah, kendaraan, kepemilikan aset, disabilitas dan lain-lain jadi gujuan dari Regsosek ini ialah mendata database profil sosial ekonomi secara keseluruhan," ujarnya.


"Tentu hal ini sangat bermanfaat agar menghasilkan database yang lengkap, jadi ini dapat membantu pemerintah, salah satunya dapat mengetahui data yang valid, "tutupnya.(Ali)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.