Budidaya Lele Melalui kolam Terpal Salah Satu Langkah Alternatif Tingkatkan Penghasilan


Palembang,  Liputan Sumsel. Com -  Berbagai upaya terus dilakukan untuk memulihkan  perekonomian  pasca pandemi Covid-19. Salah satunya dengan memanfaatkan lahan yang ada untuk budidaya ikan lele.


Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak diminati untuk dikonsumsi. Selain mengandung nutrisi tinggi yang baik untuk di konsumsi, ikan lele juga bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.


Salah satu warga Perumahan Permata 2 Talang Kelapa Kecamatan Alang-alang Lebar bernama Ryan Anggara mengatakan  di tengah masa pemulihan ekonomi, tentunya kita harus pandai dalam melakukan terobosan  dengan memanfaatkan peluang yang ada, demi menambah penghasilan dan meningkatkan ekonomi. 


"Seperti salah satu cara dengan budidaya ikan lele,  meskipun budidaya lele ini hanya sebagai usaha sampingan, namun hal tersebut juga bisa meningkatkan ekonomi ,” kata ryan,  Rabu (7/12/2022).


Cara budidaya ikan lele bisa dikatakan mudah, karena benih ikan lele itu sendiri mudah didapat dan sangat gampang perawatannya. Asalkan ada niat serta dengan modal ketekunan dan keseriusan, dapat menghasilkan panen ikan lele yang maksimal.


"Keuntungan budidaya ikan lele, selain untuk dijual juga dapat di konsumsi sendiri, sehingga dapat menekan angka pengeluaran, "ungkapnya.


Ryan menceritakan awal mula sebelum menekuni budidaya lele berawal dari ketika bertempat tinggal di Perumahan Permata 2 Talang Kelapa. 


"Yah Ide mengembangkan budidaya ikan lele tersebut muncul berawal ketika  pindah ke perumahan permata 2 talang kelapa. Saat itu saya sangat terkesan dengan adanya rawa atau lahan kosong di samping perumahan, "ujarnya. 


Dirinya  pernah menyampaikan kepada warga dan teman-teman  perumahan bagaimana jika kita bersama-sama dapat memfaatkan lahan rawa diseputaran perumahan  dengan membuat kolam ikan lele. Akan tetapi hal tersebut terkendala oleh waktu dan hal-hal lain maka itu tidak di realisasikan. 


"Meskipun ide  memafaatkan rawa untuk budidaya lele belum bisa terealisasi namun  akhirnya saya tetap  mencoba berbudidaya lele melalui media kolam terpal yang bisa dimamfaatkan disamping rumah ,"ulasnya. 


Untuk mengawali budidaya lele pertama saya membeli kolam terpal dengan ukur 3x1 meter dengan harga Rp.50.000 dan saya isi dengan 250 ekor bibit ikan lele dengan harga Rp 80/ekor. 


Kemudian saya mengembangkanya  lagi dengan membeli satu kolam terpal ukuran 3*1 yang diisi 1000 bibit lele. 


"Alhamdulillah selama mencoba budidaya ikan lele terpal ini semua berjalan dengan lancar tanpa ada kendala, "ujarnya. 


Pemuda kreatif  ini berharap kedepanya  usaha lele ini bisa semakin besar dan berkembang sehingga bisa memberikan kontribusi kepada warga sekitar khususnya warga perumahan permata 2 talang  kelapa. 


" Kita harapkan juga pada warga perumahan permata kedepnya bisa membuat terobosan dan ide-ide  kreatif dalam  memanpaatkan lahan-lahan kosong di samping rumah sehingga dapat menghasilkan.  Dan tak terlepas kepada pemerintah Kota Palembang dan dinas terkait agar bisa memberi perhatian lagi diatuasi sekarang ini memberi suport kepada warga dan masyarakat palembang yang ingin melakoni UMKM dibidang apapun pasca pandemi Covid-19 sebagai langkah meningkatkan penghasilan (Ali).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.