Kodam II/Sriwijaya Gelar Upacara dan Syukuran Puncak HUT Infanteri


Muara Enim, Liputansumsel.com-Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Infanteri TNI Angkatan Darat (AD) ke-74 Tahun 2022 yang bertemakan, " Infanteri yang Modern dan Selalu di Hati Rakyat". Jajaran Kodam ll Sriwijaya bersama Kodim 0404 Muara Enim menggelar upacara peringatan HUT Infanteri AD ke-74 yang pusatkan di Lapangan Merdeka Kabupaten Muara Enim, Senin (19/12/2022).


Dalam pantauan awak media di lapangan, nampak terlihat sebagai Inspektur Upacara pada upacara tersebut yaitu Kasdam II/ Sriwijaya Brigjen TNI Izak Pangemanan kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kesiapan seluruh pasukan dan peserta upacara.


Kasdam ll/Sriwijaya Brigjen TNI Izak Pangemanan dalam sambutannya mengatakan, tujuan dari kegiatan upacara ini ialah dalam memperingati HUT Infanteri AD ke-74 yang mana merupakan sebagai bentuk dalam rangka serta guna mengingatkan kepada jajarannya, bahwasanya dahulu pernah menghadapi pertempuran yang tidak seimbang. Akan tetapi mampu menghadapi dan memenangkan pertempuran tersebut, karena dibekali oleh semangat juang dan keyakinan bersama Tuhan Yang Maha Esa serta dukungan dari masyarakat dalam memenangkan pertempuran.


”Semangat juang dalam momentum ini perlu kita jaga dan terus kita pelihara, karna dalam menjaga nilai-nilai perjuangan ini yakin, dalam Kemanunggalan TNI bersama rakyat akan menjadi kekuatan utama bagi kita memenangkan pertempuran dalam menghadapi setiap ancaman bagi negara kita ini ” ungkapnya.


Lanjutnya, Ia berharap kepada prajurit agar dalam nilai-nilai perjuangan yang terkandung dalam momentum tersebut dapat terus dijaga dan dipelihara.


Kemudian kepada masyarakat Ia pun berharap, dalam kemanunggalan TNI dapat terus terus terjalin hubungan yang baik bersama TNI untuk bersatu padu menghadapi setiap segala ancaman yang ingin merongrong dan memecah belah persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," tuturnya.


”Kita yakin apa bila kita dapat terus bersatu, tidak ada satu pun negara lain yang mampu serta ingin menganggu negara kita maka dari itu saya berpesan mari trus kita jaga nilai-nilai perjuangan ini,” tegasnya.


Sementara itu, Dandim 0404 Muara Enim Letkol Arh Rimba Anwar menjelaskan, dalam pamaren sejumlah Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) tempur TNI AD dalam memperingati HUT Infanteri ke-74 Tahun 2022 di Kodim 0404 Muara Enim tersebut merupakan sebagai bentuk guna memberikan edukasi pengetahuan bagi masyarakat terhadap adanya peralatan dan alat tempur milik TNI AD.


”Ya, untuk dalam pameran alutsista ini kami menghadirikan yaitu 1 unit Panser Anoa, 1 unit Tank Tempur, 1 unit Artileri Pertahanan Udara, 1 unit Meriam Tempur Pertahanan Udara dan 1 unit Kendaraan Raider, beberapa meriam dan berbagai jenis senapan mesin runduk,” urainya.


Dalam pameran alutsista memperingati HUT Infanteri ke-74 ini  dilaksanakan 1 hari dan terbuka untuk umum, kepada masyarakat apabila ada masyarakat ingin berswafoto bersama sejumlah alutsista tempur tersebut," terangnya.


”Alhamdulillah dalam pameran alutsista ini disambut dengan penuh antusias oleh masyarakat Muara Enim dan sekitarnya, diharapkan dengan adanya pameran alutsista ini. Kepada masyarakat dapat menumbuhkan serta memupuk nilai-nilai Nasionalis bagi masyarakat itu sendiri, bahwasannya Negara kita ini tidak kalah maju dan hebat dengan Negara maju lainnya terhadap adanya kepemilikan alutsista tempur yang moderan,” pungkasnya .


Turut hadir pada acara tersebut, Irdam II/Swj Brigjen TNI Heru Setio Paripurnawan MDA MSS, Danrem 044/ Gapo Brigjen TNI M Naudi Nurdika SIP MSi M Tr (Han), Kasiter Korem 044/Gapo Kolonel Inf Debok Sumantoko, Pj Bupati Muara Enim Kurniawan AP MSi, Dandim 0404 Muara Enim Letkol Arh Rimba Anwar, Para pejabat di lingkungan Kodam II/Swj diantaranya Asops Pangdam, Kolonel Inf Mochamad Mahbub Junaedi dan Rindam II/Swj Kolonel Inf Nugroho Imam Santoso SE ME, Danyon 141/AYJP Letkol Inf Ari Prasetyo, Danyon Zipur 2/SG Letkol Czi Ibnu Muntaha, Dan Yonkav 5/GC Letkol Kav Delvy Marico, Kapendam II/Swj Kolonel Kav Rohiyat Happy Ariyanto S Sos MM, Danpomdam  Ii/Swj Kolonel Cpm Andi Suci Agustiansyah, Kapolres Muara Enim AKBP Andi Kurniawan, Perwakilan Kejari Muara Enim, beberapa pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Para Tamu Undangan serta dihadiri juga masyarakat Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.