Raih Juarah Porprov 2021, KONI Demak Studi Banding ke KONI Palembang


Palembang, Liputan Sumsel. Com – Berhasil merebut juara umum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel 2021. Membuat KONI Palembang menjadi tempat tujuan studi banding pengurus KONI lainnya di Tanah Air. 


Kali ini pengurus KONI Demak yang berjumlah 35 orang melakukan studi banding ke KONI Palembang, Sabtu (3/12) pukul 09.10 WIB. Rombongan KONI Demak ini dipimpin Wakil Ketua I M Ridwan, Sekretaris M Yudho Astiko, bendahara Zainuddin, dan pengurus lainnya.


Rombongan ini diterima langsung oleh Ketua Umum KONI Palembang H Anton Nurdin, didampingi Ketua Harian Ruben Alkatiri, Wakil Ketua Bidang Hukum AKBP (Purn) Jafrial, dan pengurus lainnya.


Dia menyatakan kedekatan Palembang dengan Demak atau Jawa itu sudah lama terjalin. Menurut sejarah, orang Palembang asli itu berasal dari Jawa. Pecahan Kerajaan Singasari yang saudaranya berlari ke Palembang. Karena itu beberapa Bahasa Jawa ada yang sama dengan Bahasa Palembang.


“Tidak heran jika ada kesamaan Bahasa Jawa dengan Palembang,” ujarnya.


Lanjut Anton, Palembang ini memilki banyak atlet yang sudah menasional atau berkarier di tingkat internasional. Tetapi tidak membela Palembang atau Sumsel. Seperti Mohammad Ahsan, pejudo yang menjadi bintang iklan, dan masih banyak atlet lainnya.


“Orang Palembang kalau sudah merantau ke Jawa, Bahasa Jawanya mengalahkan oang Jawa. Pak Susno Duaji mantan Kabareskrim Polri asli Pagaralam yang 6 jam dari Palembang. Tetapi kalau beliau berbicara Bahasa Jawa, sangat halus,” imbuhnya.


Sementara itu, Wakil Ketua I KONI Demak M Ridwan menambahka,  bahwa pilihan studi banding ke KONI Palembang merupakan kehendak Allah.


“Kami inginnya hari Minggu ke Palembang, tetapi KONI Palembang bisa menerima hari Sabtu. Kalau bukan kehendak Allah, kita tidak akan bertemu,” terangnya.


Dikatakannya, kedatangan KONI Demak ke KONI Palembang untuk melakukan studi banding atas prestasi juara umum Porprov Sumsel 2021. “Porprov Jateng September lalu, Demak meraih peringkat 9 dari 35 kabupaten/kota. Porprov sebelumnya, Demak peringkat 15. Tidak salah tujuan kita ke KONI Palembang,” tukasnya. (Rl/Ali)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.