Bawaslu Kota Prabumulih Gandeng Masyarakat launching komunitas digital pengawasan partisipatif


PRABUMULIH,liputansumsel.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Prabumulih Gandeng Masyarakat launching komunitas digital pengawasan partisipatif 'Jarimu Awasi Pemilu' dan Posko kawal hak pilih, Selasa (14/02/2023) di Sektetariat Bawaslu Kota Prabumulih Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Gunung Ibul Barat, Kota Prabumulih.

Launching komunitas digital pengawasan partisipatif 'Jarimu Awasi Pemilu' dan posko kawal hak pilih kali ini juga melibatkan Organisasi Kemasyarakatan, seperti KNPI, IKA LKS, Penyandang Disabilitas, Pelajar, Media massa, kelompok perempuan dan turut hadir KPU Prabumulih, Panwascam seKota Prabumulih dan Bakesbang Pol Kota Prabumulih.

Acara launching yang diawali dengan apel siaga dipimpin langsung oleh Komisioner Bawaslu Sumsel Divisi Penanganan Pelanggaran dan data Informasi Ahmad Naafi, SH.  Dalam kesempatan tersebut Bawaslu mengajak sahabat Bawaslu untuk bergabung dengan komunitas pengawasan pemilu dengan cara registrasi di https://jarimuawasipemilu.bawaslu.go.id/.

Menurut Ahmad Naafi, Komunitas Digital yang hadir sebagai solusi dalam melakukan pertukaran informasi pemilu sejal di launching pertama kali di Surabaya sudah puluhan ribu warga yang bergabung.

"Jadi,  https://jarimuawasipemilu.bawaslu.go.id adalah sarana edukasi dan literasi digital pengawasan pemilu, dengan respon cepat terhadap disinformasi isu-isu pemilu, serta tindak lanjut aduan konten disinformasi" ujarnya.

Data yang dapat dihimpun POSMETRO.ID, Untuk registrasi, pengunjung tinggal klik https://jarimuawasipemilu.bawaslu.go.id lalu klik ikon MASUK, lalu pilih kolom buat akun dan isi data diri.

Setelah melengkapi data, klik icon buat akun. Tunggu sampai kode verifikasi masuk ke email. Setelah kode verifikasi masuk, buka email kemudian klik tautan yang terkirim, lalu Kembali ke aplikasi untuk login dengan mengisi email serta password, selanjutnya klik masuk.

Pada tampilan dashboard terdapat menu beranda, forum, bawaslu update, galeri, pengaduan dan cek fakta.

Di beranda terdapat informasi mengenai profil komunitas digital pengawasan partisipatif jarimu awasi pemilu

Pada Menu Forum, terdapat ruang percakapan dimana para sahabat Bawaslu dapat membagikan konten baik konten publikatif, informatif maupun edukatif. Terdapat beberapa forum sebagai ruang percakapan yaitu:

jajaran pengawas pemilu, peserta pemilu, pegiat pemilu, pemantau pemilu, kader pengawas partisipatif, pemilih pemula, kelompok perempuan, penyandang disabilitas, Ormas, pelajar, pengajar, dan mahasiswa, forum komunitas hobby, masyarakat hukum adat, dan forum lainnya.

Selanjutnya menu Bawaslu update berisi kebijakan, produk hukum, dan kegiatan terupdate Bawaslu baik internal maupun eksternal.

Di menu Galeri, pengunnung yang sudah teregistrasi sebagai sahabat Bawaslu dapat mengakses dokumentasi terupdate seluruh aktivitas pengawasan pemilu dari pusat sampai daerah.

Dan yang tidak kalah penting disini kita dapat mengadukan konten di media sosial yang mengandung dugaan pelanggaran di menu pengaduan.

Pengaduan ini menjadi informasi awal bagi Bawaslu dalam penanganan disinformasi, kampanye hitam, politisasi sara dan ujaran kebencian dalam pemilu dan pemilihan pada tahun 2024.

Nantinya pengaduan tersebut akan langsung diproses Bawaslu kab/kota sesuai domisili pengadu.

Jadi tunggu apa lagi. Demi mewujudkan Pemilu yang berintegritas, saatnya Kita bergabung di komunitas Digital Pengawasan Partisipatif Jarimu Awasi Pemilu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.