Plt Bupati Muara Enim Terima Piala UHC Award dari Mendagri, Pelopor UHC di Sumsel 99,05 %


Jakarta, Liputansumsel.com--Atas komitmen Pemkab Muara Enim dalam mengupayakan dan memastikan setiap penduduk memiliki akses jaminan kesehatan semesta (universal health coverage/UHC) dalam cakupan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan mencapai lebih dari 95%, Selasa (14/03/2023) pemerintah pusat melalui BPJS Kesehatan RI menganugerahkan penghargaan kepada Pemkab. Muara Enim. Penghargaan berupa piala dan sertifikat diterima langsung oleh Plt. Bupati Muara Enim, Ahmad Usmarwi Kaffah, S.H., LL.M., LL.M., Ph.D., dari Menteri Dalam Negeri, Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian., M.A., Ph.D., pada UHC Award 2023 di Balai Sudirman, Jakarta.


Plt. Bupati yang hadir bersama Ketua TP.. PKK Kabupaten Muara Enim, Nurul Vita Utami Kaffah, S.E., didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Enim, dr. Eni Zatila, M.K.M., dan Direktur RSUD dr. H.M. Rabain Muara Enim, dr. Alfurqon, Sp.M., menjelaskan bahwa Kabupaten Muara Enim yang merupakan pelopor UHC di Provinsi Sumatera Selatan karena sejak 1 Januari 2019 sudah 95% penduduk dilindungi BPJS Kesehatan, akan terus memaksimalkan cakupan kepesertaan. Disampaikan bahwa berdasarkan data per-1 Maret 2023 ini, cakupan UHC di Kabupaten Muara Enim sudah mencapai 99,05% atau 624.848 jiwa penduduk dari total jumlah penduduk sebesar 630.809 jiwa sudah memiliki akses pelayanan kesehatan gratis dari pemerintah. 


Ditambahkan bahwa pada semester I 2022 sebenarnya cakupan UHC Kabupaten Muara Enim sudah mencapai 100% namun ternyata pada semester II terdapat penambahan jumlah penduduk. Plt. Bupati menegaskan bahwa Pemkab. Muara Enim berkomitmen memastikan seluruh penduduk mendapatkan jaminan kesehatan dan memastikan seluruh fasilitas kesehatan memberikan layanan yg berkualitas, setara dan mudah dengan hanya dengan menunjukkan KTP ataupun Kartu Keluarga.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.