Ishak Mekki, Sanjung Kab Mura Belum Pernah Terjadi Kasus TPPO

LiputanSumsel.com Musi Rawas.W akil Gubernur Provinsi Sumsel Ishak Mekki membuka secara resmi acara Gugus Tugas Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan   Orang (GT-PPTPPO) di Auditorium Pemkab Musi Rawas ,Kamis (04/5).

Kpala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Ahmadi Zulkarnain, SIP selaku Panitia Pelaksana Kegiatan melaporkan  secara singkat,  bahwa terselenggaranya kegiatan ini berkat kerjasama Pemerintah Daerah dan Pemerintah Propinsi. Tujuan dilaksanakan GT-PPTPPO adalah menyebar luaskan informasi kepada Camat, Kades, Ormas, LSM, Media dan masyarakat umum.

Sementara itu,Wakil Bupati Musi Rawas H. Suharti, dalam sambutannya sebagai ketua PPTPO Kab. Mura menyatakan rasa terimakasih Pemkab Musi Rawas atas kehadiran Wagub Sumsel Ishak Mekki sebagai Ketua PPTPO Propinsi.

"kami, Pemkab Musi Rawas sangat berharap program ini selaku mendapat perhatian Pemda Propinsi (Pemprov)".

Kegiatan seperti ini sangat penting guna neningkatkan kapasitas para peserta sosialisasi. Dalam melaksanakan pengawasan dan kontrol sosial masyarakat terhadap perekrutan, pengangkutan, pengiriman, pemindahan dengan tujuan eksploitasi perdagangan orang harus segera dapat dicegah.

Walaupun di Kabupaten Musi Rawas belum ada kasus perdagangan orang, sosialisasi GT-PPTOP ini perlu koordinasi antar lembaga,  perangkat daerah, ormas, LSM dan Media dalam memerangi bujuk rayu perekrut dalam berbagai kepengurusan izin dan surat keterangan lainnya. Jika ada kecurigaan atau temuan sebaiknya masyarakat segera melaporkannya kepada kepolisian.

" Untuk kota-kota besar mayoritas korban adalah perempuan dan anak, kasus dari tahun- ketahun terus meningkat bak fenomena gunung es, kasus ini terorganisir" ujar Hj. Suharti.

Wagub Sumsel Ishak Mekki, meminta maaf atas keterlambatannya.
" Khusus di Musi Rawas, saya bangga dan saya tahu kasus perdangan orang belum perna terjadi walau dalam kondisi sedang membangun dan masih berstatus daerah tertinggal" katanya.

Program PPTOP ini adalah program pemerintah pusat yang diketuai oleh Wakil Presiden. Untuk Provinsi ketuanya Wagub dan untuk Kabupaten/kota yaitu Wabup atau Wawako.

Dikatakan Wagub Ishak Mekki,Hasil sosialisasi ini hendaknya segera diteruskan kepada kelompok perhimpunan, ormas, lingkungan  keluarga dan masyarakat. Karena perdagangan orang ini merupakan ancaman serius.

"kasus ini biasa terjadi dikota-kota besar menurut data ratusan orang setiap harinya mengalami kejadian ini. Sehingga negara harus turun, penerintah harus turun agar mengetahui setiap kejadian.  Supaya tidak terjadi dikabupaten Musi Rawas perlu antisipasi dan pencegahan dengan pembekalan standar yang berlaku. Agar masya tahu dan faham,"katanya.

Disinggung Wagub hendaknya Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Rawas ikut berpartisipasi dalam mendukung Sumatera Selatan Gemilang. Sumsel akan menjadi tuan rumah Asean Games.

Diharapkan Kabupaten Musi Rawas, Musi Rawas Utara dan kabupaten/kota lainnya aman dan kondusif sehigga Propinsi Sumatera Selatan dapat  menjadi tuan rumah yang baik dalam helatan Asean Games. Pemerintah Propinsi juga akan memerhatikan infrastruktur di musi rawas, dan lainnya yang berkaitan dengan Propinsi, ujar Wagub Ishak Meki di akhir kata sambutannya (camiel coesar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.