Jurusan Ilmu Perpustakaan Dianggap Remeh Tapi Prospek Kerja yang Luas

Oleh: Vivi Indriani
Ketika saat masuk kuliah pasti memilih jurusan yang prospek kerja kedepannya bagus bukan? Ada beberapa jurusan yang dianggap remeh dan prospek kerja yang sempit, yaitu salah satunya jurusan ilmu perpustakaan. Pasti untuk orang awam mendengar jurusan ilmu Perpustakaan ini beranggapan bahwa tugasnya hanya menjaga perpustakaan, membersihkan bedu pada buku, membosankan dan tidak punya peluang kerja yang sempit. Padahal banyak yang dipelajari pada jurusan ilmu perpustakaan ini diantaranya: Manajemen sistem perpustakaan, dokumentasi kearsipan, manajemen data, aplikasi teknologi informasi untuk menyebarluaskan informasi dan masih banyak lagi. Jurusan yang sepi peminat ini justru banyak dibutuhkan karena ketersediaan SDM yang masih sedikit. Berikut 8 Program Sarjana Ilmu Perpustakaan terbaik di Indoensia
Universitas Indonesia, Jakarta
Universitas Diponegoro, Semarang
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Ciputat
Universitas Padjajaran, Bandung
Universitas Sumatera Utara, Medan
Universitas Brawijaya, Bandung
Universitas Yarsi, Jakarta
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta
(Sumber: pustakawan mendunia.org)
Dan masih banyak lagi universitas yang tersedia jurusun Ilmu Perpustakaan di Indonesia!
Adapun Prospek Kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan
Instansi Pemerintah
Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) membuka lowongan untuk lulusan ilmu perpustakaan dan pada instansi pemerintah sebagai Pegawai Negeri Sipil (SNP) atau Aparatur Sipil Negara (ASN). Setiap instansi pemerintah memiliki lemabaga informasi sendiri maka sangat membutuhkan lulusan Ilmu Perpustakaan untuk dapat mengelolanya.
Pustakawan
Pustakawan adalah seseorang yang membantu orang dalam menemukan infomasi dalam bentuk tercetak maupun elektronik. Profesi pustakawan ternyata mendapatkan tunjangan gaji pokok juga lohh! Berdasarkan Undang-undang No.43 Tahun 2007, tenaga perpustakaan atau pustakawan merupakan sebuah profesi yang mempunyai regulasi terkait dengan pengaturan tunjangan profesi. Sanggat tertarik bukan!
Information Specialist
Ilmu perpustakaan mengelolah bidang infomasi dalam bentuk database, website atau sistem informasi lainnya. Maka menjadi seorang information specialist mengharuskan untuk ahli mengelolah database, teknologi informasi, dan operator disuatu perusahaan atau perpustakaan.
Arsipari
Pada saat kuliah jurusan ilmu perpustakaan memiliki mata kuliah tentang manajemen kearsipan. Nah, pasti di semua perusahaan memiliki dokumen atau arsip penting yang harus dikelola, untuk memudahkan menemukan infomasi atau yang dikenal dengan information retrieval. Maka jurusan ilmu perpustakaan sangat dibutuhkan.
Administrasi
Perusahaan membuhukan lulusan Ilmu Perpustakaan pada bagian administrasi karena untuk dapat mengelolah suatu data dan menyampaikan informasi secara baik.
Nah, masih mau meremekan jurusan Ilmu Perpustakaan atau malah tertarik dengan jurusan ini

Post a Comment

0 Comments