Cegah Karhutla 2020, Gubernur Riau dan Sumsel Gelar Rakor

RIAU --liputansumsel.com -- Belajar dari pengalaman terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun 2019  Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru gerak cepat dan  kerja tepat agar persoalan karhutla tidak terjadi pada tahun 2020. Jikapun terjadi Karhutla dapat di identifikasi sejak  dini dan Karhutla dapat di cegah hingga penanganannya dapat dilakukan dengan cepat dan tepat.

Untuk itu Gubernur HD mengadakan rapat koordinasi (rakor) dengan Gubernur Pemerintah Provinsi Riau, Sabtu (11/01) sore bertempat di kediaman dinas Gubernur Riau.

Dalam kesempatan itu Gubernur HD mengatakan rakor dengan pemprov Riau dalam upaya mencegah terjadinya Karhutla pada tahun 2020 hingga penanganannya dapat cepat dan tepat.

" Intinya pemprov Sumsel berupaya mencegah terjadinya Karhutla di tahun 2020. Dengan berupaya jika Karhutla terjadi penanganannya dapat dilakukan dengan cepat dan tepat hingga dapat di cegah sedini mungkin sebelum meluas. Syukur jika Karhutla dapat kita cegah terjadinya di tahun 2020 ini, " katanya.

Selain itu HD menjelaskan bahwa di tahun 2019 terjadinya Karhutla banyak menghiasi di pemberitaan media masa yang terjadi di Sumsel dan Riau.


" Untuk itu kita berupaya keras di tahun 2020 ini Karhutla dapat kita cegah sebagaimana dicetuskan Presiden Jokowi dalam rapat yang di pimpin Menkumham Prof Mahfud MD bersama beberapa provinsi lain di Indonesia, " ungkap HD.


Karhutla jangan sampai lagi terjadi di tahun 2020 dan untuk ini harus di dukung semua pihak. Hingga Pemprov Sumsel harus belajar dengan pemprov Riau bagaimana pencegahan Karhutla sejak dini agar tahun 2020 tidak lagi terjadi kebakaran.
" Tahun 2020 Karhutla jangan sampai terjadi dan untuk itu kita perlu belajar dari Riau agar pencegahan dapat dilakukan  sedini mungkin hingga Sumsel aman di tahun ini, " harap HD.



Selain itu  Gubernur HD mengatakan dirinya akan berupaya mengangkat ekonomi kerakyatan agar masyarakat jangan lagi membakar lahan.


" Pemprov Sumsel akan mengangkat ekonomi kerakyatan agar masyarakat tidak lagi membakar lahan mereka. Jika ekonomi masyarakat kuat maka kita harapkan tidak ada lagi masyarakat membakar lahan, " tegasnya.


Dalam rapat koordinasi itu, Gubernur Sumsel menerima  cenderamata dari Pemprov Riau yang diserahkan langsung oleh Gubernur Riau, Drs. H Syamsuar MSi. (ad/lim)
loading...

Post a comment

0 Comments