PTBA Menggelar Acara Green Mining Tanam 1.000 Pohon Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Muara Enim, Liputansumsel.com
Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Envirodinment Day (WED) yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2020, PT.Bukit Asam, Tbk menyelenggarakan acara Green Mining, yang ditandai dengan penanaman bersama 1000 pohon secara simbolis oleh Plt. Bupati Muara Enim H. Juarsah S.H dan GM UPTE PTBA Ir. H. Suhedi. Acara berlangsung di Taman Hutan Kota Kalamudin Djinab, di Kelurahan Air Lintang, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Jum'at (26/6/2020).

Plt.Bupati Muara Enim H.Juarsah, S.H dalam sambutannya mengatakan, melalui jargon "Time for Nature" atau kembali ke alam, pada peringatan kali ini, dilakukan penanaman 1.000 bibit pohon.

Dia mengatakan, bibit-bibit tersebut akan tumbuh dan menghijaukan kembali lahan bekas tambang PTBA yang telah dikelola. Selain itu pihaknya terus berkomitmen menjamin keberlanjutan pelestarian alam dan keanekaragaman hayati demi menjaga kondisi lingkungan, terutama dampak pemanasan global.

"Salah satu hal terpenting yang dapat diwariskan kepada anak-cucu kedepan adalah lingkungan alam yang baik," ujar Juarsah.

Kemudian Plt. Bupati menambahkan, Taman Hutan Kota H. Kalamudin Djinab ini merupakan lahan eks tambang batubara PT. Bukit Asam (Persero) yang direklamasi dan direhabilitasi menjadi lahan hijau dengan total luas lahan 50 hektar yang terdiri dari 34 hektar untuk penghijauan dan selebihnya untuk taman, edukasi, pramuka dan sebagainya.

Sementara itu, General Manager (GM) Unit Pertambangan Tanjung Enim (UPTE) PT. Bukit Asam Tbk, Ir. H. Suhedi mengatakan kegiatan ini merupakan bukti bahwa PTBA konsisten untuk ramah dengan lingkungan. Menurutnya, seluruh perusahaan tambang itu wajib mengembalikan hutan dan biodata didalamnya setelah pasca tambang.

Dijelaskannya, sebelum menambang sudah pasti melalui Amdal dan mengantisipasi akibat operasional penambangan.

Suhedi juga mengatakan, dalam taman hutan kota ini, dibagi dalam lima blok, dimana setiap blok akan ditanam pohon dengan jenis yang berbeda-beda seperti Pohon Mangga, Durian, Ekaliptus, Meranti, Pulai dan sebagainya terutama untuk tanaman lokal yang mulai langka.

Kedepan, taman hutan kota ini selain reklamasi juga untuk melestarikan jenis-jenis pohon yang mulai langka. Kemudian tempat ini, bisa menjadi alternatif tempat rekreasi bernuansa alam dan edukasi bagi masyarakat Muara Enim.

"Sebelumnya kita sudah menanam ribuan jenis pohon, setidaknya ada sekitar 23 ribu pohon yang akan ditanam," ungkap Suhedi.

Setelah Plt. Bupati dan GM UPTE PTBA melakukan penanaman bersama 1.000 pohon, penanaman dilanjutkan oleh seluruh peserta yang hadir.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.