Rapat Pembahasan Isu-Isu yang Berpotensi Konflik di Lingkup Wilayah Pemkab Muara Enim

Muara Enim, Liputansumsel.com
Seiring dengan pandemi Covid-19 yang masih melanda wilayah Pemkab Muara Enim, terdapat beberapa permasalahan atau isu yang berpotensi menjadi konflik di masyarakat terkhusus di Wilayah Pemkab Muara Enim.

Plt. Bupati Muara Enim H. Juarsah S.H menyampaikan, saat rapat di Rumah Dinas Wabup. Kamis (9/7/2020), bahwa untuk mengantisipasi hal ini agar tidak sampai terjadi konflik yang berkepanjangan dan berlarut-larut, sangat penting untuk di bahas serta dicarikan solusi terbaik sehingga masyarakat di Wilayah Pemkab Muara Enim tetap dalam keadaan kondusif.

Terhadap beberapa isu yang disinyalir berpotensi menimbulkan konflik di masyarakat agar segera diantisipasi dan dicarikan solusinya di antaranya :

1. Pengoptimalan Pemberian Bansos
Kepada Masyarakat serta Pendataannya.

2. Pengoptimalan dan Pengawasan
Penggunaan Dana Desa.

3. Pengoptimalan Tenaga Kerja Lokal di
Perusahaan.

4. Upaya Pencegahan Peningkatan Kasus
Covid-19 serta Pencegahan Stunting.

5. Upaya Penyelesaian Tapal Batas.

6. Upaya Penyiapan Lahan Parkir serta
Peningkatan Layanan Kependudukan.

7. Upaya Pencegahan Terhadap Serangan
Hewan Buas dan Pembuangan Limbah
Indsutri.

8. Upaya Penegakkan Perda Penertiban
Pasar dan Pengawasan Prokes Covid-19.

9. Upaya Pencegahan Terjadinya Bencana
Daerah.

10. Upaya Pencegahan Kebakaran dan
Peningkatan Pelayanan Damkar.

11. Upaya dan Tindaklanjut Pengangkatan
Tenaga Honorer Kategori 2 Menjadi
PPPK Hasil Seleksi PPPK Tahap I Tahun
2019.

12. Upaya Pengaturan Perlintasan Angkutan
Batubara serta Banyaknya Angkutan
Batubara Parkir di Ruas Jalan SMB 2.

"Kepada perangkat daerah terkait untuk dapat menyampaikan laporan sehubungan isu tersebut secara langsung, serta menyampaikan kendala-kendala sekaligus ide-ide yang akan menjadi pertimbangan alternative solusi," ujarnya.

Sebagai antisipasi menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 H, diharapkan saran dan pendapat anggota Forkopimda serta peserta rapat tetap melaksanakan protokoler kesehatan ketika merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 H, sebagai upaya pencegahan penyebaran dan memutus rantai Covid-19 agar tidak terjadi peningkatan kasus positif di lingkungan Pemkab Muara Enim," tutur Juarsah.

"Terima kasih kepada peserta rapat yang sudah hadir dan Ini merupakan tanggung jawab kita bersama harus disegerakan mengambil langkah yang cepat dan tepat," ucap Juarsah mengakhiri rapat.

Turut hadir Kapolres Muara Enim, Dandim 0404/ME, Kepala Kejaksaan Negeri Muara Enim, Sekda, Perwakilan DPRD Muara Enim dan Unsur SKPD di Lingkup Pemkab Muara Enim.
loading...

Post a comment

0 Comments